Thursday, January 31, 2013

PARIS YANG MENYILAUKAN




Paris itu indah. Paris adalah salah satu kota impian kedua penulis setelah Makkah. Paris merupakan kota mode dan pusat seni dunia. Di kota inilah berbagai macam karya seni dari seluruh dunia dipamerkan. Selain sebagai kota mode, Paris juga dikenal dengan institusi pendidikannya yang berkualitas dan taman-taman kotanya yang indah. Karena itulah, tak heran jika puluhan juta wisatawan berkunjung ke kota yang menjadi salah satu surga dunia ini.

Begitu banyaknya para wisatawan yang ingin berkunjung ke Paris, demikian juga penulis. Setidaknya penulis ingin biarpun seumur hidup hanya satu kaliii saja bisa pergi ke Paris. Kenapa penulis begitu ingin ke Paris?

1.       Menara Eiffel
             Semua orang pasti sudah tau tentang desas-desus Eiffel Tower yang indah. Asli, sejak sebelum film Eiffel I’m in Love dirilis, penulis sudah kepincut dengan yang menara yang satu ini. Bagaimana tidak, menara yang merupakan simbol kota Paris ini memiliki ketinggian 325 meter. Bayangkan kalo kita bisa menikmati indahnya kota cantik Paris dari ketinggian tersebut. Wiih, mimpi penulis banget tuh.
                Dari sejak penulis mendapat pelajaran IPS (Ilmu Pendidikan Sosial) di bangku Sekolah Dasar dan diminta Bu Guru untuk menghafalkan 7 keajaiban dunia, penulis sudah terkagum-kagum dengan manara ini.
                Menurut informasi yang penulis dapat, Eiffel Tower dibangun dengan rangkaian 18.083 besi pada tahun 1887-an. Mekipun saat ini Eiffel Tower sudah menjadi salah satu pusat wisata di dunia, pada saat pembangunan menara ini menuai banyak kritik dari warga Prancis. Para seniman menilai tentang tidak adanya nilai seni dalam bangunan ini, sedangkan para arsitektur mendebat ketahanan angin pada strukturnya. Meskipun begitu, lebih banyak lagi wisatawan dari seluruh dunia datang ke tempat ini setiap tahunnya untuk melihat secara langsung kemegahannya.
Eiffel tower memiliki 3 lantai, di mana lantai satu dan dua bisa ditempuh dengan naik tangga ataupun lift. Namun, jika kita ingin mencapai puncak Eiffel, kita harus menggunakan lift, karena tinggi banget sobat. Nah, kalo sudah tiba di atas puncak menara, dari sanalah kita bisa menikmati pemandangan kota Paris yang luar biasa indah (nanti penulis akan membuktikan desas-desus ini)
                                 
2.       Arch de Triomphe
Bangunan yang berbentuk gerbang ini berada di pusat Place de Etoille. Arch de Triomphe dalam bahasa Indonesia berarti “Gerbang Kemenangan”. Bangunan yang didirikan oleh Napoleon Bonaparte pada tahun 1806 ini merupakan simbol kemenangan Prancis. Untuk menghormati para tentaranya, Napoleon mengukir nama-nama mereka pada dinding gerbang ini. Akan tetapi, sebelum sempat menyelesaikan pembangunannya, Napoleon sudah digulingkan.
Tak jauh dari Arch de Triomphe ini kita akan menemukan Champs Elysees. Champs Elysees merupakan pusat perbelanjaan di kota Paris. Tempat ini juga dianggap sebagai salah satu avenue terpopuler di dunia. Di kiri-kanan avenue sepanjang 2 km ini terdapat cafe, restaurant, galery, dan lain-lain. Penulis bercita-cita suatu saat bisa jajan disana.

3.       Musee de Louvre, Notre Dame
Tempat ini merupakan museum terkenal dan terbesar di dunia. Di dalamnya terdapat banyak karya seniman terkenal dunia, di antaranya Lukisan Monalisa yang mana di Prancis lukisan ini dikenal dengan la joconde. Museum ini dulunya adalah istana raja (Palais de Louvre) yang dibangun pada tahun 1190. Karena itulah tidak heran jika di dalam museum ini banyak di kelilingi karya seni-karya seni yang luar biasa.
Kemudian pada tahun 1870 museum ini mengalami penyelesaian hingga seperti bangunan gedung seperti saat ini. Pada tahun 1989 seniman Amerika asal China yaitu I.M. Pei membangun piramida kaca yang dijadikan salah satu dari tiga pintu masuk museum ini.
Museum ini sangat luas. Untuk mengelilinginya memerlukan waktu hampir setengah hari. Namun, semua itu pastinya akan terbayar dengan keindahan dan nilai sejarah dari karya seni yang ada di sana.nantinya penulis akan berangkat pagi-pagi sekali ke tempat itu supaya uang yang dikeluarkan untuk membeli tiket masukny tidak terbuang cuma-cuma.
Berikutnya adalah Notre Dame. Tempat ini merupakan gereja dengan arsitektur terbaik di dunia. Dewasa ini tempat ini sudah menjadi salah satu kunjungan wisata bagi sebagian turis.

4.       Versailles Palace and Park
Istana Versailles terletak sekitar 20 km dari pusat kota Paris. Istana ini dibangun pada masa kekuasaan Raja Louis XIV dan sebagai saksi bisu revolusi Prancis pada abad 18.
Di tempat ini terdapat Versailles Park, sebuah taman yang tak kalah indahnya dengan istana Versailles. Taman dengan luas mencapai 100 ha ini dibangun sekitar tahun 1600-an dengan rancangan dari Andre le Notre. Taman ini dirancang dengan gaya simetris. Di dalamnya terdapt berbagai jenis pohon, bunga, dan banyak dihiasi patung-patung dengan gaya srtistik.
Begitu luasnya taman Versailles ini, jika kita ingin mengelilingi taman kita harus menggunakan jasa mobil tour atau sepulang dari sana kita langsung kurus kering. Untuk mengelilingi taman ini membutuhkan waktu sekitar setengah hari.

5.       Place de La Concorde
Tempat wisata ini merupakan alun-alun terluas di Paris. Alun-alun ini dibangun pada tahun 1755 di atas lahan seluas 86.400 meter. Tempat ini memiliki ciri khas berupa monumen dan air mancur. Menurutinformasi, dulunya tempat ini sering dijadikan sebagai tempat eksekusi para penjahat secara terbuka dan disaksikan oleh para bangsawan. Namun, pasca Revolusi Prancis gantian para bangsawan ini yang dieksekusi.
Meskipun asal mula tempat ini sedikit mengandung unsur horror, tapi hal itu tidak mengurangi nilai keindahannya dan juga tidak mengurangi niat penulis untuk mengunjungi Paris dan salah satunya tempat ini. Lagipula, saat ini Place de La Concorde sudah menjadi salah satu tempat wisata yang aktif dikunjungi wisatawan mancanegara.
Well, nantinya penulis akan berfoto di dekat monumen dan air mancur untuk dipostingkan di blog penulis. Semoga saja impian penlis ini tercapai.

Wednesday, January 30, 2013

Definisi Sebuah SIM (Sistem Informasi Manajemen)


Sistem informasi yang mutakhir pun masih harus melayani pengolahan transaksi. Pengolahan transaksi pada prakteknya menyajikan masukan bagi database. Pengolahan transaksi pada sistem mutakhir adalah menuju pengumpulan data secara online dan permintaan informasi secara online pula.

Kemampuan memperoleh informasi secara online sangat besar peranannya dalam mendukung operasi, artinya setiap petugas yang berwenang dapa memperoleh jawaban langsung atas sesuatu permintaan informasi seperti posisi terakhir perkiraan seorang pelanggan/persediaan yang ada untuk jenis barang tertentu.

Menurut istilah umum yang dikenal orang, definisi SIM adalah sebuah sistem manusia atau mesin yang terpadu (integrated) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi manajemen dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen, dan keputusan dari sebuah database.
Sebuah SIM adalah berdasarkan komputer, hal ini berarti bahwa para perancang harus memiliki pengetahuan cukup mengenai komputer dan penggunaannya dalam pengolahan informasi.

Konsepmanusia atau mesin berarti bahwa perancang sebuah SIM harus memahami kemampuan manusia sebagai pengolah informasi dan perilaku manusiadalam mengambil keputusan.

Sebuah sistem terpadu berdasarkan pada anggapan bahwa harus ada integrasi antara data dan pengolahan. Integrasi data dicapai melalui database. Pada sebuah sistem, pengolahan informasi database terdiri dari semua data yang dapat dijangkau oleh sistem.

Pada Sistem Informasi Manajemen berdasarkan komputer, istilah database biasanya dipakai khusus untuk data yang dapat dijangkau secara langsung oleh komputer.

Manajemen sebuah database adalah sistem perangkat lunak komputer yang disebut sebagai DBMS (Database Management System).

Pokok-pokok sebuah SIM adalah sebagai berikut:
1.    Perangkat keras komputer
2.    Perangkat lunak komputer
a.    Perangkat lunak sistem umum
b.    Perangkat keras sistem umum
c.     Program aplikasi
3.    Database yang tersimpan dalam media penyimpanan komputer
4.    Prosedur
5.    Petugas pengoperasianDefinisi Sebuah SIM (Sistem Informasi Manajemen)

 HAPPY BIRTH DAY 


Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y

Seharusnya postingan ini penulis post kan tanggal 30 Oktober 2012 lalu. Pasalnya pada tanggal 30 Oktober 2012 lalu adalah my dearest  amas birth day. Hari itu hari selasa, dan saat itu penulis masih bekerja, dimana pada tempat kerja penulis tersebut seharusnya penulis tidak bisa mengambil libur maupun cuti selain weekend. Tapi untungnya hari selasa waktu itu penulis bisa pulang cepat meskipun agak sore juga dan harus mempersiapkan kejutan untuk sang pacarnya dadakan dan semi gagal. Tapi segagal apapun kejutan untuk amas, tetap saja dia memamerkan senyumnya. Gimana enggak, kalo si pacar yang ga senyum, penulis yang bakal manyun. J

Dipostingan penulis kali ini, penulis mau berbagi tentang tips-tips bikin si dia bahagia saat ulang tahun berdasarkan pengalaman penulis.

1.       Jadilah yang Pertama
Tanpa dipungkiri, meskipun tidak diucapkan oleh pacar kita, kurang lebihnya si dia ingin kita adalah orang pertama yang memberinya ucapan selamat. Menjadi orang pertama yang memberinya ucapan “selamat ulang tahun” akan membuatnya merasa bermakna dan memberikan sinyal padanya bahwa dia benar-benar menjadi istimewa di hati kekasihnya.

2.       Luangkan Waktu Untuk Bertemu
Sudah mengirimkan pesan melalui sms maupun sudah meneleponnya bukan berarti dia tidak ingin kita datang menemuinya. Luangkanlah waktu meskipun sebentar untuk bertemu dan bertatap face to face dengan si dia lalu mengucapkan ‘happy birth day’ dengan tulus di depannya. Hal ini bisa memberikan nilai positif dihadapan si dia dan membuatnya merasa berharga. Kalo sudah begitu si dia makin sayang kaann?

3.       Simbolisasi
Seperti apa sih simbolisasi itu? Berikanlah dia sesuatu yang menandai bahwa hari yang bermakna untuknya itu juga bermakna bagi kita sehingga bedakanlah dengan hari lainnya. Simbolisasi ini bisa dalam bentuk memberinya kue, menautkan lilin di atasnya dan menyuruhnya berdoa untuk kebaikannya di masa yang akan datang. Kue yang diberikan tak harus dalam porsi jumbo kok, bahkan kue sebesar satu suapan mulut pun tak masalah, atau kalau perlu buatkanlah sesuatu dari tangan sendiri, baik itu kue atau yang lebih sederhana, misalnya agar/jelly, nasi goreng, atau makanan apapun sejenisnya untuk menandai peringatan istimewanya, karena ini hanya simbolisasi untuk membuat si dia merasa senang.

4.       Kado
Memang ini bukan hal yang wajib, bahkan kalo kita bertanya pada si dia, ‘mau kado apa?’ si dia mungkin jawabnya ‘ga usah’. Tapi, meskipun si dia bilang ga usah, berikanlah dia sesuatu untuk diingat. Tidak masalah meskipun itu hanya sebuah sapu tangan, sebuah bolpoin, atau barang-barang sederhana lainnya.

Nah, itulah segelintir diantara sekian banyak hal-hal yang bisa membuat hari istimewa si dia terasa lebih bahagia saat bersama kita.

Well,

Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y

Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY Y
Y HAPPY BIRTH DAY YY HAPPY BIRTH DAY YY HAPPY BIRTH DAY Y








RESEP ORAK-ARIK BUNCIS DAN WORTEL


RESEP ORAK-ARIK BUNCIS DAN WORTEL



Buncis dan wortel adalah salah dua dari sekian banyak jenis sayuran yang disukai penulis. Selain enak dan mudah diolah, kedua jenis sayuran ini adalah jenis sayuran yang menawarkan banyak manfaat. Selain baik untuk mata, zat hijau dalam buncis juga baik untuk kesehatan.

Macam-macam olahan dari wortel dan buncis diantaranya sop, tumis, dan yang paling mudah menurut penulis adalah orak-arik.

Berikut penulis bagikan resep membuat orak-arik buncis dan wortel yang bisa dicoba pembaca dirumah.

Bahan
Bahan untk membuat orak-arik buncis dan wortel adalah:
-          3 buah wortel ukuran sedang
-          250 gram buncis
-          1 butir telur ayam

Bumbu
Bumbu-bumbu yang harus dipersiapkan adalah:
-          3 siung bawang merah
-          2 siung bawang putih
-          1 cm kunyit
-          Merica bubuk secukupnya
-          ½ sdt garam atau sesuai selera
-          ½ sdm gula pasir
-          Penyedap rasa secukupnya
-          2 sdm minyak goreng

Langkah-langkah membuat orak-arik wortel dan buncis adalah sebagai berikut:
1.       Cuci bersih wortel dan buncis, lalu potong wortel berbentuk stik korek api, dan potong buncis tipis menyerong
2.       Iris bawang merah tipis-tipis
3.       Bumbu yang diuleg: bawang putih, kunyit, tambahkan garam supaya bumbu mudah diuleg.
4.       Panaskan minyak dengan api sedang, lalu masukkan bawang merah yang sudah diiris, masak hingga harum
5.       Masukkan bumbu yang telah diuleg, aduk terus hingga harum kunyit keluar.
6.       Masukkan satu butir telur sambil terus diaduk
7.       Jika telur sudah matang, masukkan buncis dan wortel bersamaan.
8.       Tambahkan gula pasir, merica bubuk, dan penyedap rasa
9.       Masak hingga warna buncis menua dan layu. Angkat dan sajikan.

Strategi Bersaing Untuk Mendapatkan Kerja



Pekerjaan adalah salah satu faktor yang penting dalam usaha bertahan hidup. Karena dari pekerjaan itulah kita bisa memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari. Namun ada kalanya kita kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yang mana faktor-faktor tersebut bisa berasal dari dalam diri sendiri, lingkungan, maupun ketersediaan lowongan kerja yang terbatas. Banyak perusahaan yang kebingungan dalam mencari karyawan, demikian pula sebaliknya, banyak pencari kerja yang kebingungan untuk mencari lowongan pekerjaan di perusahaan.

Tahukah kita bahwa teman-teman kita saat ini juga akan menjadi salah satu dari sekian banyak pesaing kita dalam mendapatkan pekerjaan. Bagaimana tidak?! Setiap individu pasti membutuhkan mata pencaharian. Kebutuhan akan mata pencaharian ini didorong oleh kebutuhan jasmani setiap orang yang akan selalu bertambah dan tidak pernah merasa puas untuk hanya sekedar berada di satu titik tertentu. Teman sepermainan kita saat ini bisa saja mempunyai tingkat keberuntungan yang lebih rendah ataupun lebih tinggi dari kita dalam memperoleh kesempatan bekerja.

Namun demikian tidak jarang juga seseorang mendapatkan pekerjaan dari teman-temannya. Misalnya saja si A sudah bekerja di sebuah perusahaan, lalu si A punya teman yaitu si B. Si B sudah berusaha mencari pekerjaan kesana kemari, namun belum juga mendapatkan lowongan kerja. Pada saat perusahaan si A membutuhkan pekerja untuk posisi tertentu, maka si A mengajak si B untuk mengisi posisi tersebut. Begitulah akhirnya si B bisa mendapatkan pekerjaan dari link temannya sendiri, yaitu si A.

Bukan hal tabu jika saat ini perusahaan lebih percaya untuk mengambil karyawan baru dari referensi orang-orang yang sudah dikenalnya. Setidaknya, pihak perusahaan bisa menyelidiki profil pelamar dari sumber yang jelas. Dengan demikian, referensi dari orang-orang tertentu juga sangat penting bagi seorang pelamar untuk bisa diterima di sebuah perusahaan.

Selain berguna untuk perusahaan, link dari orang-orang yang sudah dikenal juga memberikan satu poin khusus untuk pelamar. Setidaknya seorang pelamar bisa mengetahui profil perusahaan terlebih dahulu. Hal ini juga untuk menghindari rawannya praktik penipuan lowongan kerja yang banyak berjamur di dunia karir saat ini. Maraknya praktik penipuan berkedok lowongan kerja ini bisa disebabkan karena hanya sedikit sekali informasi yang didapatkan pelamar tentang perusahaan yang dilamarnya.

Berikut penulis bagikan tips memenangkan persaingan mendapatkan pekerjaan dari segi penataan pribadi:
1.       Kepercayaan diri
Kepercayaan diri adalah merupakan salah satu faktor penting yang menjadi kunci keberhasilan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. Kepercayaan diri inilah yang dapat melahirkan keyakinan diri, dan keyakinan membentuk kemampuan. Selama seseorang yakin pada kemampuannya, ia akan selalu berpikir bahwa ia bisa dan ia mampu.
                Banyak keinginan yang tidak tercapai karena disabotase oleh keyakinan sendiri yang negatif. Ketika kita tidak yakin pada diri sendiri, potensi yang kita miliki tidak akan berguna dan peluang yang ada dapat terlewatkan. Karena itu penting untuk membentuk sendiri kepercayaan diri yang positif, karena cara terbaik untuk  membentuk keyakinan adalah dengan memilihnya oleh diri sendiri.

2.       Keterampilan
Pribadi yang terampil akan banyak dicari oleh perusahaan. Karena itu mengasah keterampilan itu perlu untuk membentuk perbedaan antara keterampilan yang kita miliki dengan keterampilan orang lain.karena itu terampillah di keterampilan-keterampilan umum seperti:
a.       Komputer, pada era ini memiliki keterampilan dalam bidang komputer adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang, hal ini dikarenakan komputer sudah menjadi alat utama dalam kelangsungan sebuah perusahaan
b.      bahasa inggris/mandarin. Sekalipun bahasa inggris atau mandarin bukanlah bahasa sehari-hari, memiliki kemampuan bahasa asing akan menjadi nilai tambah pelamar kerja dalam memikat perusahaan. Apalagi jika perusahaan tersebut adalah perusahaan asing atau expor-impor, mereka pasti lebih memilih karyawan yang juga memiliki kemampuan berbahasa asing untuk berkomunikasi dengan kliennya yang kemungkinan besar merupakan warga negara asing.
c.       Mengemudi. Inilah alasan banyak perusahaan mencantumkan kepemilikan SIM A, B maupun C daam kualifikasi lowongannya. Sebuah survey menunjukkan bahwa seseorang dengan kemampuan mengemudikan kendaraan memiliki kesempatan bekerja yang lebih besar dari kandidat yang lain.
d.      dan lain sebagainya. Faktor ini bisa disesuaikan dengan konsep perusahaan yang dilamar oleh kandidat.

3.       Komunikasi
Cara seseorang berkomunikasi adalah salah satu faktor utama perusahaan untuk memilih kandidat calon pegawainya. Karena itulah cara kita berkomunikasi dengan interviewer saat melamar pekerjaan, saat sudah diterima bekerja maupun saat kita sudah meninggalkan pekerjaan lama kita sangat penting. Komunikasi personal terdiri dari:
-          Isi                                    : 10%
-          Intonasi                        : 30%
-          Bahasa tubuh            : 60%
Karena itu berkomunikasilah dengan penuh keyakinan, kapanpun dan dimanapun. Saat interview melamar kerja, cara kita mengkomunikasikan pesan pada interviewer akan mempengaruhi penilaian interviewer dalam mengambil keputusan untuk menerima atau menolak lamaran kerja kita. Komunikasi dianggap sebagai cerminan perilaku seseorang. Cara seorang pelamar menyampaikan jawaban atas pertanyaan interviewer dianggap sebagai simbol kepribadiannya. Karena itu pikatlah interviewer dengan komunikasi yang baik pada kesan pertama.
Akan tetapi pentingnya komunikasi tidak hanya pada saat kita melamar, saat kita sudah bekerja di sebuah perusahaan, jadilah seseorang yang bisa diterima orang lain dengan komunikasi yang baik. Memahami sebelum dipahami dan menghormati setiap orang adalah salah satu penerapan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian kita bisa menadi dependable dari orang-orang yang tepat. Sehingga meskipun suatu ketika kita sudah keluar dari perusahaan tempat kita bekerja, kita masih bisa menjaga komunikasi dengan teman-teman lama.

Tuesday, January 29, 2013

Tradisi Selapanan

           Selapanan adalah sebuah tradisi suku jawa. Selapanan berasal dari kata selapan yang berarti 35 hari, maka dari itulah upacara ini dilakukan saat bayi berusia selapan (35) hari. Misalnya bayi yang lahir pada Rebo Pahing (hari kelahiran menurut hitungan jawa), pada usia ke selapan hari bayi tersebut akan mengulang hari kelahirannya, yaitu Rebo Pahing. Perhitungan ini didasarkan pada kelipatan perhitungan hari lahir bayi menurut hitungan jawa (Pahing, Pon, Wage, Kliwon, Legi) dan hari penanggalan masehi (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu), karena itulah setiap 35 hari seorang manusia akan mengulang hari kelahirannya.
           Dalam praktiknya tidak jarang acara selapanan dilaksanakan bersamaan dengan upacara aqiqah (bagi umat muslim). Meskipun sebagian keyakinan beranggapan bahwa aqiqah hanya dilaksanakan sebelum bayi berusia lebih dari 3 hari, tapi pada sebagian masyarakat jawa lainnya, aqiqah dilaksanakan pada saat bayi berusia 35 hari, sehingga pelaksanaan aqiqah dan selapanan dilakukan bersama-sama.
            Selapanan tak lebihnya acara syukuran atas kelahiran bayi. Acara ini meliputi pencukuran rambut bayi, pemotongan kuku bayi disertai bacaan doa dan sholawat, lalu pembagian bancaan (sejenis nasi tumpeng).
            Yang pertama kali dilakukan adalah pemotongan rambut. Yang memotong rambut bayi pertama kali adalah orangtua bayi (ayah dan ibunya), lalu diikuti kerabat dan sesepuhnya. Aturan dalam acara selapanan adalah rambut bayi dicukur habis. Karena rambut bayi yang belum dicukur dianggap masih bercampur dengan air ketuban. Selain itu, alasan lainnya adalah supaya rambut bayi tumbuh bagus.
            Namun demikian tidak semua orangtua berani untuk mencukur habis rambut bayinya,karena ubun-ubun bayidi usia ke selapan tersebut masih berdenyut, dan kerngka kepala belum terbentuk secara maksimal. Karena itulah tidak semua masyarakat mencukur habis rambut bayi pada acara selapanan ini. Sebagian masyarakat hanya mencukur beberapa helai rambut secara simbolis saja, hal ini sama seperti upacara aqiqah yang hanya mencukur minimal 7 helai rambut bayi saja.
            Setelah pencukuran rambut, acara dilanjutkan ke pemotongan kuku bayi. Pada saat upacara ini diikuti dengan serangkaian doa dan shalawat nabi, memohon perlindungan kepada Yang Maha Esa. Pada acara ini dihadiri oleh kerluarga dan kerabat bayi.
            Dalam pelaksanaan acara selapanan, pihak keluarga membagikan bancaan kepada masyarakat sekitarnya, tertama anak-anak. Hal ini karena bancaan dibuat dalam ukuran kecil, dan dibungkus daun pisang, sehingga sangat cocok untuk diberikan kepada anak-anak kecil. Perasaan gembira seorang anak yang menerima bancaan ini diharapkan memberikan doa pada si bayi agar nantinya kehadirannya membawa kegembiraan pada semua orang.
            Selain diberikan pada anak kecil, bancaan harus diberikan dalam jumlah yang ganjil, karena angka ganjil dianggap sebagai angka yang membawa keberuntungan.
            Berikut adalah contoh acara selapanan yang diselenggarakan oleh kerabat penulis.


Monday, January 28, 2013

Hubungan Implisit Data dan Data Warehouse


TOPIK DISKUSI

Bab VI hal 189
1. Mengapa hubungan implisit di antara data lebih cocok untuk kebutuhan data perusahaan yang berubah-ubah dibandingkan dengan hubungan eksplisit?
Karena relasi (hubungan) implisit karena ketika terdapat satu field (kolom) data yang sama dalam dua tabel, maka record (baris) dari dua tabel tersebut akan dapat digabungkan ketika nilai-nilai field datanya sama, sehingga relasi implisit akan mudah digunakan dan dipahami oleh manajer dan staf profesional serta kemudahan penggunaan memiliki arti yang sangat penting bagi perusahaan yang mengalami perubahan organisasi.
2. Bagaimana teknik-teknik seperti diagram relasi entitas dan diagram kelas dapat membantu pengguna dan profesional sistem informasi dalam mengembangkan sistem informasi?
Karena diagram relasi entitas digunakan untuk menguraikan hubungan antara kumpulan-kumpulan data konseptual sehingga record-record yang saling berhubungan akan dapat digabungkan bersama sedangkan diagram kelas digunakan untuk menguraikan hubungan data maupun tindakan-tindakan yang mengoperasikan dalam relasi sehingga dua teknik ini memberikan alat untuk memfasilitasi komunikasi antara pengguna dengan spesialis sistem informasi sehubungan dengan struktur data yang digunakan di dalam suatu aplikasi sistem informasi.
3. Bagaimana formulir basis data dapat memperbaiki keakuratan dan konsistensi basis data?
Keakuratan
Formulir akan menjalankan definisi field data, dimana definisi- definisi tersebut dapat menentukan nilai-nilai numerik dan aturan-aturan lain yang mendukung akurasi termasuk menerapkan aturan-aturan yang berada diluar jangkauan definisi field data. Formulir memberikan satu kesempatan untuk menyesuaikan nilai-nilai data pada aplikasi area bisnis tertentu.
Konsistensi
Didalam formulir akan membatasi nilai field yang dimasukkan untuk menjamin akurasi dan konsistensi sehingga record yang dimasukkan bisa digabungkan dengan tabel lainnya yang berhubungan.
4. Asumsikan bahwa perusahaan anda menyimpan salinan duplikasi basis datanya sebagai satu cadangan. Sejauh ini perusahaan anda belum pernah mempergunakannya. Apakah bahaya dari tidak pernah menguji sistem cadangan untuk memastikan bahwa cadangan tersebut dapat membuat satu basis data baru di saat darurat?
Bahaya, karena data cadangan harus diuji untuk memastikan bahwa data cadangan tersebut dapat dipergunakan jika sewaktu-waktu data primer mengalami masalah sehingga proses dalam perusahaan tetap bisa berjalan walaupun terjadi kerusakan pada data primer, karena kegiatan atau transaksi dalam perusahaan tetap berjalan dengan menggunakan data cadangan yang teruji tersebut.

Bab VIII hal 263
1. Apa saja area-area bisnis selain pemasaran yang dapat memerlukan data warehouse?
Area- area bisnis yang dapat menggunakan data warehouse adalah Keuangan, Sumber Daya Manusia, Layanan Informasi dan Manufaktur.
2. Bab ini mengusulkan agar data mart dapat dikembangkan untuk area-area bisnis. Apa saja beberapa kemungkinan subset lainnya dari data warehouse?
Data mart Pemasaran, data mart sumber daya manusia, data mart keuangan, data mart layanan informasi dan data mart manufaktur.
3. Apakah yang mungkin dapat menjadi contoh dari analisis multidimensional yang melibatkan lima dimensi?
Sebuah bank yang memutuskan untuk menawarkan reksa dana kepada nasabahnya. Manajemen bank ingin manargetkan materi-materi promosi pada segmen nasabah yang menawarkan potensi bisnis terbesar. Dimensi yang bisa digunakan dalam analisis multidimensional yaitu yang berkaitan dengan data nasabah seperti nasabah yang berusia muda, telah menikah, memiliki dua sumber penghasilan, nilai kekayaan yang tinggi dan pasangan menikah yang telah pensiun yang menggantungkan diri pada jaminan sosial dan uang pensiun.

Manajemen Roles


Tujuan MSDM bagi kelompok adalah sebagai sarana daya tawar antara kepentingan kelompok dengan tujuan organisasi perusahaan.

Tujuan individu:
-          Aktualisasi diri
-          Ekspansi

Tujuan perusahaan: disesuaikan dengan divisi perusahaan. Misalà divisi keuangan, divisi it, dll

Tujuan MSDM bagi organisasi:
-          Perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, pengontrollan
-          Pengakuan kemampuan setiap individu.
-          Dll

KEPEMIMPINAN
-          Kepemimpinan dalam MSDM. Misal seseorang yang pantas dipromosikan sebagai seorang manajer,hanya karena kita merasa kesal, kita harus tetap mempromosikannya. à jiwa besar
-          Kepemimpinan adalah kesadaranà ketika itu memajukan, jangan karena ketidaksukaan semua gagal
-          Kemampuan individu untuk mempengaruhi, memotivasi dan meubah sikap orang lain.
-          Kepemimpinan menyangkut orang lain dan pembagian kekuasaan.
-          Kepemimpinan menyangkut pengaruh.

Fungsi2 strategik manajemen

Manajemen rule dalam MSDM ada 3:
-          Interpersonal: hubungan antar pribadi
è Menjadi sosok panutan
-          Informational: artinya seseorang akan memberikan informasi yang pantas, artinya adalah dia bertanggunng jawab untuk menyampaikan pesan perusahaan denga baik.
-          Decisional: artinya berani mengambil suau keputusan yang berhubungan dengna bidang pekerjaannya

Gambaran seorang manajer SDM di kantor:

Pengertian Perseroan Terbatas dan Firma




TUGAS ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI
PENGERTIAN PERSEROAN TERBATAS DAN FIRMA
 






 Dosen Pembimbing : Ibu Azizah


 
















Disusun Oleh:
                       
                                                Emi Fatmawati          (10620047)
                       


FAKULTAS EKONOMI - MANAJEMEN





UNIVERSITAS BOROBUDUR
JL. Raya Kalimalang No. 1
Jakarta Timur
2012


Pengertian PT




Perseroan terbatas merupakan  organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya. Di dalam PT pemilik modal tidak harus memimpin perusahaan, karena dapat menunjuk orang lain di luar pemilik modal untuk menjadi pimpinan. Untuk mendirikan PT / persoroan terbatas dibutuhkan sejumlah modal minimal dalam jumlah tertentu dan berbagai persyaratan lainnya.

Perseroan Terbatas adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, dan melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam sahamUndang-undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (UUPT). Sebagai Badan Hukum, Perseroan Terbatas dianggap layaknya orang-perorangan secara individu yang dapat melakukan perbuatan hukum sendiri, memiliki harta kekayaan sendiri, dan dapat dituntut serta menuntut di depan pengadilan.

Untuk menjadi Badan Hukum, Perseroan Terbatas harus memenuhi persyaratan dan tata cara pengesahan PT sebagaimana yang diatur dalam UUPT, yaitu pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia. Tata cara tersebut antara lain pengajuan dan pemeriksaan nama PT yang akan didirikan, pembuatan Anggaran Dasar, dan pengesahan Anggaran Dasar oleh Menteri.

Sebagai persekutuan modal, kekayaan PT terdiri dari modal yang seluruhnya terbagi dalam bentuk saham. Para pendiri PT berkewajiban untuk mengambil bagian modal itu dalam bentuk saham – dan mereka mendapat bukti surat saham sebagai bentuk penyertaan modal. Tanggung jawab para pemegang saham terbatas hanya pada modal atau saham yang dimasukkanya ke dalam perseroan (limited liability). Segala hutang perseroan tidak dapat ditimpakkan kepada harta kekayaan pribadi para pemegang saham, melainkan hanya sebatas modal saham para pemegang saham itu yang disetorkan kepada perseroan.

Pendirian PT dilakukan berdasarkan perjanjian. Sebagai sebuah perjanjian, pendirian PT harus dilakukan oleh lebih dari satu orang yang saling berjanji untuk mendirikan perseroan, dan mereka yang berjanji itu memasukan modalnya ke dalam perseroan dalam bentuk saham. Perjanjian tersebut harus dibuat dalam bentuk akta notaris dalam bahasa Indonesia – notaris yang dimaksud adalah notaris yang wilayah kerjanya sesuai dengan domisili perseroan. Agar sah menjadi Badan Hukum, akta notaris itu harus disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM RI.

·         Modal Perseroan Terbatas
Modal Perseroan Terbatas terdiri dari Modal Dasar, Modal Ditempatkan dan Modal Disetor.
Modal Dasar merupakan keseluruhan nilai perusahaan, yaitu seberapa besar perseroan tersebut dapat dinilai berdasarkan permodalannya. Modal Dasar bukan merupakan modal riil perusahaan karena belum sepenuhnya modal tersebut disetorkan – hanya dalam batas tertentu untuk menentukan nilai total perusahaan. Penilaian ini sangat berguna terutama pada saat menentukan kelas perusahaan.
Modal Ditempatkan adalah kesanggupan para pemegang saham untuk menanamkan modalnya ke dalam perseroan. Modal Ditempatkan juga bukan merupakan modal riil karena belum sepenuhnya disetorkan kedalam perseroan, tapi hanya menunjukkan besarnya modal saham yang sanggup dimasukkan pemegang saham ke dalam perseroan.
Modal Disetor adalah Modal PT yang dianggap riil, yaitu modal saham yang telah benar-benar disetorkan kedalam perseroan. Dalam hal ini, pemegang saham telah benar-benar menyetorkan modalnya kedalam perusahaan. Menurut UUPT, Modal Ditempatkan harus telah disetor penuh oleh para pemegang saham.

·         Organ Perseroan Terbatas
Organ PT berarti organisasi yang menyelenggaran suatu Perseroan Terbatas, yaitu yang terdiri dari Rapat Umum pemegang Saham (RUPS), Direksi dan Dewan Komisaris. Masing-masing organ tersebut memiliki fungsi dan perannya sendiri-sendiri.
Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) merupakan organ perseroan yang memiliki kedudukan tertinggi dalam menentukan arah dan tujuan perseroan. RUPS memiliki kekuasaan tertinggi dan wewenang yang tidak di serahkan kepada Direksi maupun Dewan Komisaris. Wewenang tersebut meliputi penetapan dan perubahan Anggaran Dasar perseroan, penetapan dan pengurangan modal, pemeriksaan dan persetujuan serta pengesahan laporan tahunan, penetapan penggunaan laba, pengangkatan dan pemberhentian Direksi dan Dewan Komisaris, penetapan mengenai penggabungan dan peleburan serta pengambilalihan perseroan, serta penetapan pembubaran perseroan.
Direksi adalah organ perseroan yang bertanggung jawab penuh atas pengurusan untuk kepentingan dan tujuan Perseroan serta mewakili perseroan baik di dalam maupun di luar pengadilan. Direksi bertugas menjalankan pengurusan harian perseroan, dan dalam menjalankan pengurusan tersebut Direksi memiliki kewenangan untuk bertindak atas nama perseroan. Dalam menjalankan pengurusan perseroan, Direksi biasanya dibantu oleh Manajemen.
Dewan Komisaris adalah organ perseroan yang bertugas melakukan pengawasan secara umum dan/atau khusus sesuai Anggaran Dasar perseroan serta memberikan nasihat kepada Direksi. Dalam menjalankan kewenangannya tersebut, Dewan Komisaris berwenang memeriksa pembukuan perseroan serta mencocokkannya dengan keadaan keuangan perseroan. Sesuai kewenangannya tersebut, Dewan Komisaris juga berhak memberhentikan Direksi jika melakukan tindakan yang bertentangan dengan Anggaran Dasar atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Berdasarkan Pasal 1 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia No. 1 tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas, PT adalah badan hukum yang didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-undang No. 1 tahun 1995 serta peraturan pelaksanaannya.

1.  PT Merupakan Badan Hukum.
Dalam hukum Indonesia dikenal bentuk-bentuk usaha yang dinyatakan sebagai Badan Hukum dan bentuk-bentuk usaha yang Bukan Badan Hukum. Bentuk usaha yang merupakan Badan Hukum adalah: PT, Yayasan, PT (Persero), Koperasi. Sedangkan bentuk usaha yang Bukan Badan Hukum adalah: usaha perseorangan, Firma, Commanditaire Vennotschap (CV), Persekutuan Perdata (Maatschap).
Perbedaan yang mendasar antara bentuk usaha Badan Hukum dan bentuk usaha Bukan Badan Hukum adalah, dalam bentuk usaha Badan Hukum terdapat pemisahan harta kekayaan dan pemisahan tanggung jawab secara hukum antara pemilik bentuk usaha Badan Hukum dengan Badan Hukum tersebut sendiri.Sedangkan dalam bentuk usaha Bukan Badan Hukum secara prinsip tidak ada pemisahan harta kekayaan dan pemisahan tanggung jawab secara hukum antara pemilik dan bentuk usaha itu sendiri.

2.   PT Didirikan Berdasarkan Perjanjian
Perjanjian dibuat oleh paling sedikit 2 pihak. Oleh karena PT harus didirikan berdasarkan perjanjian maka PT minimal harus didirikan oleh paling sedikit 2 pihak. Pasal 7 UU No.1/1995 mengatur hal tersebut:“Perseroan didirikan oleh 2 (dua) orang atau lebih dengan akta notaris yang dibuat dalam bahasa Indonesia”

3.   PT Melakukan Kegiatan Usaha
Sebagai suatu bentuk usaha, fungsi didirikannya suatu PT adalah untuk melakukan kegiatan usaha. Dalam mendirikan PT harus dibuat Anggaran Dasar PT yang didalamnya tertulis maksud dan tujuan PT dan kegiatan usaha yang dilakukan oleh PT.

4.   PT Memiliki Modal Dasar yang Seluruhnya Terbagi dalam Saham
Salah satu karakteristik dari PT adalah modal yang terdapat dalam PT terbagi atas saham. Suatu Pihak yang akan mendirikan PT harus menyisihkan sebagian kekayaannya menjadi kekayaan/aset dari PT. Kekayaan yang disisihkan oleh pemilik tersebut menjadi modal dari PT yang dinyatakan dalam bentuk saham yang dikeluarkan oleh PT tersebut.

5. PT Harus Memenuhi Persyaratan yang Ditetapkan dalam UU No. 1/1995 serta Peraturan Pelaksananya
UU No. 1/1995 sampai saat ini adalah dasar hukum yang mengatur mengenai perseroan terbatas di Indonesia. Namun sehubungan dengan PT harus diperhatikan pula peraturan pelaksana yang terkait dengan UU No. 1/1995 antara lain misalnya: Peraturan Pemerintah No. 5 tahun 1999 tentang “Bentuk-bentuk Tagihan Tertentu Yang Dapat Dikompensasikan Sebagai Setoran Saham” yang merupakan peraturan pelaksana dari Pasal 28 UU No.1/1995

·         Ciri-ciri dan sifat Perseroan Terbatas :
- kewajiban terbatas pada modal tanpa melibatkan harta pribadi
- modal dan ukuran perusahaan besar
- kelangsungan hidup perusahaan pt ada di tangan pemilik saham
- dapat dipimpin oleh orang yang tidak memiliki bagian saham
- kepemilikan mudah berpindah tangan
- mudah mencari tenaga kerja untuk karyawan / pegawai
- keuntungan dibagikan kepada pemilik modal / saham dalam bentuk dividen
- kekuatan dewan direksi lebih besar daripada kekuatan pemegang saham
- sulit untuk membubarkan pt
- pajak berganda pada pajak penghasilan / pph dan pajak deviden
















Pengertian Firma




Firma adalah asosiasi antara dua atau lebih individu sebagai pemilik untuk menjalankan perusahaan dengan tujuan mendapatkan laba. Untuk mendirikan persekutuan firma tidak dibutuhkan pengakuan resmi dari instansi pemerintah.

·         Sifat Persekutuan Firma
1.       Bentuk firma ini telah digunakan baik untuk kegiatan usaha berskala besar maupun kecil.
2.       Dapat berupa perusahaan kecil yang menjual barang pada satu lokasi, atau perusahaan besar yang mempunyai cabang atau kantor di banyak lokasi
3.       Masing-masing sekutu menjadi agen atau wakil dari persekutuan firma untuk tujuan usahanya
4.       Pembubaran persekutuan firma akan tercipta jika terdapat salah satu sekutu mengundurkan diri  atau meninggal.
5.       Tanggung Jawab seorang sekutu tidak terbatas pada jumlah investasinya.
6.       Harta benda yang diinvestasikan dalam persekutuan firma tidak lagi dimiliki secara terpisah oleh masing-masing sekutu.
7.       Masing-masing sekutu berhak memperolah pembagian laba persekutuan firma.

·         Kelebihan Persekutuan Firma
1.       Relatif mudah dalam pendirian dan pembubaran.
2.       Kebebasan serta keluwesan  dalam kegiatannya
3.       Suatu kesatuan usaha yang melaporkan pajak, bukan yang membayar pajak.

·         Kekurangan  Perseroan Terbatas dibanding Firma
1.       Membutuhkan modal yang cukup besar
2.       Kesatuan usaha yang membayar pajak, laba perseroan terkena tarif pajak perseroan.

·         Pencatatan Investasi Sekutu
1.       Investasi para sekutu dapat dilakukan dalam bentuk  uang kas atau aktiva lainnya seperti yang ditetapkan dalam perjanjian persekutuan firma
2.       Jika  investasi dalam bentuk aktiva, maka sebaik nya dicatat  sesuai dengan persetujuan, dan perkiraan modal masing-masing sekutu di kredit sebesar  jumlah investasi masing-masing.
3.       Untuk memenuhi keadilan, aktiva yang ditanamkan oleh para sekutu harus dilaporkan dengan nilai pasarnya yang wajar.

·         Pembagian Laba Rugi
Para sekutu dapat menyetujui setiap cara pembagian laba dan rugi yang mereka kehendaki. Laba dan rugi pada umumny dibagi menurut salah satu dari cara-cara berikut ini :
1.       Merata (yakni dengan membagi secara merata atas laba dan rugi yang diperoleh)
2.       Laba dan Rugi dibagi dalam Rasio Arbitrary
3.       Laba dan Rugi Dibagi dalam Rasio Modal Sekutu (para sekutu dapat menyetujui untuk membagi laba dengan rasio modal sekutu)
4.       Pembagian Laba dan Rugi dengan Memberikan Bunga atas Modal Sekutu.
5.       Laba dan Rugi Dibagi dengan Memberikan Gaji atau Bonus kepada Sekutu.
6.       Laba dan Rugi dibagi dalam perhitungan Laba Rugi.
Perseroan Terbatas adalah badan hukum yang berdiri sendiri yang diatur berdasarkan undang-undang.
·         Ciri-ciri Perseroan Terbatas
1.       Badan Hukum yang Terpisah (Separate Legal Existence). Perseroan dapat memperoleh, mempunyai dan menjual atas namanya sendiri.
2.       Hak Pemilikan yang dapat Dipindahkan (Transferable Units of ownership) Hak pemilikan atas PT dapat terdiri dari beberapa kelompok yang dapat dipindah-pindah kan yang namanya saham.

·         Hak-Hak utama Pemegang Saham, meliputi:
1.       Hak Suara (the right to vote)
2.       Hak Memperoleh Pembagian Laba (the right to share in distribution of learning)
3.       Hak untuk mempertahankan bagian modal yang dimiliki dengan jalan membeli secara proporsional dari setiap tambahan jumlah saham yang ditentukan.
4.       Hak atas pembagian harta pada saat likuidasi
5.       Perseroan dapat mengeluarkan satu atau beberapa saham dengan pemberian hak-hak istimewa (Preferred Stock). Hak-hak istimewa ini dapat berupa pembagian laba atau hak terlebih dahulu atas harta perusahaan jika perusahaan dilikuidasi. Jadi pemegang saham preferen akan dipenuhi terlebih dahulu pembagian dividennya, sebelum pembagian kepada pemegang saham biasa (Common Stock)
>>  Saham Preferen dapat dibagi atas:
1.       Saham preferen berpartisipasi dan tidak berparti sipasi.
2.       Saham preferen komulatif dan tidak komulatif
3.       Hak-Hak Istimewa lainnya.
>> Saham Tidak Berpartisipasi (non participacing) yakni saham yang diberikan hak istimewa kepada pemegang saham seperti saham preferen
>> Saham Preferen yang Berpartisipasi yakni Jika jumlah dividen yang diberikan kepada para pemegang saham preferen lebih besar dari jumlah yang ditentukan (bisa disebabkan krn laba perusahaan lebih besar)
>> Saham Preferen Komulatif dan Tidak Komulatif adalah Jika jumlah dividen yang diterima para pemegang saham tersebut tidak mencapai jumlah dividen yang telah ditetapkan.

·         Perbedaan agen dan cabang
Agen Penjual :
1.        Struktur organisasi dan kegiatan terlepas dari kantor pusat atau berdiri sendiri.  Oleh karena itu satu kantor agen dapat mengageni beberapa perusahaan. Sehingga kantor agen tidak bertanggungjawab ke kantor pusat  tetapi bertanggungjawab pengelola agen.
2.        Kegiatan  kantor agen tidak terbatas pada usaha untuk memperoleh pesanan dan calon pembeli saja. Dengan demikian agen hanya sebagai fungsi pemasarnya saja.
3.       Investasi kantor pusat ke agen hanya sebatas modal kerja saja.
Kantor Cabang :
1.       Struktur organisasi dan kegiatan tidak terlepas dari kantor pusat. Sehingga kantor cabang bertanggung jawab penuh atas segala aktivitasnya ke manajemen kantor pusat.
2.       Kegiatan kantor cabang tidak terbatas pada usaha untuk memperoleh pesanan saja tetapi juga usaha untuk memenuhi pesanan yang dpt diambil dari persediaan sendiri maupun persediaan kantor pusat.
3.       Investasi kantor pusat ke cabang tidak hanya sebatas modal kerja saja tetapi semua fasilitas yang dibutuhkan dalam mendirikan kantor cabang dan permulaan operasinya kantor cabang

·         Operasi Agen Penjual
1.       Semata-mata hanya sebagai organisasi penjualan lokal.
2.       Tidak menyelenggarakan persediaan.
3.       Agen penjual biasanya diberi dana kerja yang digunakan untuk membayar biaya yang dapat dibayar dengan lebih mudah melalui agen penjual. Sistem imprest  biasanya digunakan untuk mengendalikan uang kas agen penjual.

·         Beberapa catatan penting dalam pencatatan akuntansi untuk Agen Penjual :
1.       Pencatatan yang dilakukan menyangkut  ikhtisar penerimaan dan pengeluaran dana kerja dan catatan penjualan kepada pelanggan.
2.       Dengan sistem imprest kantor pusat menulis selembar cek kepada agen penjual sebesar dana kerja.   Pencatatan Kantor Pusat à Dana Kerja Agen Penjual (D) dan Kas (K)
3.       Agen Penjual akan meminta pengisian kembali dana kerja jika dana sudah menipis, disertai laporan pengeluaran pos dan voucher yang dibayar.
4.       Pada saat pengisian kembali dg pengiriman cek kepada agen penjual. Pencatatan Kantor pusat à Beban/Perkiraan lainnya (D), Kas (K)

·         Beberapa catatan penting dalam pencatatan akuntansi untuk Kantor Cabang :
(1)  Pencatatan Cabang di Kantor Pusat
(2)  Pencatatan Cabang baik di Cabang maupun di Kantor Pusat.
(3)  Penyelenggaraan Catatan Cabang di Cabang sendiri.

·         Catatan cabang dikantor pusat :
1.       Transaksi cabang dapat dicatat dalam buku harian kantor pusat dan buku besar atau seperangkat catatan yang terpisah.
2.       Data diberikan oleh cabang dalam bentuk dokumen asli yang membuktikan transaksi cabang didukung oleh voucher asli.

·         Pencatatan Cabang baik di Cabang maupun di Kantor Pusat
·         Cabang dapat menyelenggarakan catatan asli (books original entry) untuk semua transaksi sebagai salinan.
·         Salinan buku pencatat asli ini dikirimkan ke kantor pusat, dimana data dibukukan pada perkiraan cabang yang diselenggarakan tersendiri atau dibukukan dalam buku besar umum kantor pusat.

Hubungan Pusat-Cabang yaitu hubungan  antara  kantor pusat (utama) dengan kantor pengembangan/ perwakilan yang  skala usaha nya lebih  kecil dan  merupakan bagian dari  kantor pusat tersebar di daerah-daerah lain.
Sistem Sentralisasi
·         Dalam sistem sentralisasi, akuntansi kantor cabang diselenggarakan oleh kantor pusat, jadi hampir mirip dengan pencatatan kantor agen dimana rugi-laba kantor agen dipisahkan dari rugi-laba kantor pusat.
·          Sistem ini cocok dipakai apabila kantor cabang letaknya dekat dengan kantor pusat  dan kegiatan kantor cabang masih terbatas/ kantor cabang masih relatif kecil.
Sistem Desentralisasi
·         Pencatatan transaksi di kantor cabang diselenggarakan oleh kantor cabang  sendiri. Namun bila dikehendaki  oleh kantor pusat maka terdapat pos-pos tertentu  yang pencatatannya dilakukan oleh kantor pusat.
·         Hal   yang   penting mengenai   akuntansi dan pencatatan sistem desentralisasi  terhadap transaksi yang  menghubungkan  antara  Pusat  dengan  cabang  adalah  Rekening  Koran  Timbal  Balik (R/K).  Sehingga  pencatatan  setiap  transaksi  dalam  jurnalnya  juga sedikit  berbeda  dengan  jurnal  biasa.
·         Transaksi  keuangan  kantor cabang  di dalam  sistem desentralisasi dikelompokkan menjadi 2 transaksi, yaitu:
1)   Transaksi antara kantor cabang dengan  kantor pusat.  Transaksi  ini akan memengaruhi hubungan kantor cabang dengan kantor pusat sehingga transaksi ini dicatat baik oleh   kantor cabang maupun kantor pusat.
2)   Transaksi antara kantor cabang dengan pihak ketiga. Transaksi  ini tidak mempengaruhi hubungan kantor cabang dengan kantor pusat sehingga transaksi ini tidak  dicatat oleh   kantor pusat.

·         Contoh transaksi yg memengaruhi kantor pusat dan kantor cabang:
1)    Pengiriman  kas (aktiva)  dari  kantor Pusat ke kantor cabang dan sebaliknya
2)    Pengiriman barang  dagang dr kantor  Pusat ke cabang dan sebaliknya
3)    Pembebanan biaya  oleh  ktr  Pusat  kpd  kantor cabang dan sebaliknya
4)    Pengakuan laba/rugi kantor cabang:
5)    Penagihan  piutang kantor  pusat  oleh  kantor  cabang dan sebaliknya

·         Masalah Khusus Hubungan Kantor Pusat dan Kantor Cabang
1.      Kantor cabang di luar negeri.
2.      Pengiriman barang ke cabang dinota di atas harga pokok.
3.      Pengiriman aktiva antar cabang atas perintah kantor pusat.

·         Karakteristik Investasi Jangka Pendek
1.       Dapat diuangkan setiap saat
2.       Keputusan untuk menjual kembali surat-surat berharga tersebut sepenuhnya berada di tangan manajemen.

·         Tujuan Investasi Jangka Panjang
(1)  Untuk mendapatkan sumber penghasilan tetap
(2)  Untuk membentuk /penyisihan dana khusus
(3)  Untuk mengendalikan usaha dan manajemen perusahaan lain.
(4)  Untuk mengurangi persaingan di antara perusa haan-perusahaan sejenis.
(5)  Untuk mendapatkan pasaran dari produk yang dihasilkan dan supply bahan baku yg diperlukan.

Surat (Hutang) Obligasi adalah merupakan pengakuan hutang dari pihak yang mengeluar kan kepada pihak lain yang membeli
Masalah Akuntansi Obligasi :
1.       Masalah-Masalah Akuntansi yang timbul pada saat obligasi diperoleh/dibeli.
2.       Masalah-masalah akuntansi selama pemi  likan obligasi
3.       Masalah akuntansi pada saat pelunasan, penjualan kembali dan lain peristiwa yang mengakibatkan berakhirnya pemilikan obligasi tersebut.