Saturday, February 2, 2013

5 Kebutuhan Dasar Manusia




Menurut seorang ahli psikologi Abraham Maslow, manusia mempunyai lima kebutuhan dasar yaitu:

1.       Kebutuhan fisik
Kebutuhan fisik ini dapat berupa kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan. Kebutuhan yang bersifat ini merupakan kebutuhan dasar manusia. Karena meskipun kita hidup tidak hanya untuk makan, tapi kita (manusia) butuh makan untuk bertahan hidup. Tanpa makanan, proses metabolisme dalam tubuh tidak dapat berlanjut.
Selain makanan, manusia juga butuh pakaian. Normalnya manusia masih memiliki rasa malu sehingga ia membutuhkan pakaian untuk menutupi auratnya. Namun dewasa ini fungsi pakaian sudah mengalami pergeseran menjadi ajang aktualisasi diri.
                Manusia juga butuh papan atau tempat tinggal sebagai tempat mereka berlindung dari panas terik dan hujan, serta sebagai tempat untuk mereka beristirahat dan bernaung.

2.       Kebutuhan akan rasa aman
Rasa aman menciptakan kehidupan yang tenang pada diri manusia. Rasa aman ini dapat berupa aman akan sandang, pangan dan papan maupun rasa aman akan terror dari luar. Rasa aman akan sandang, pangan dan papan meliputi ketenangan akan kecukupan bahan makanan yang bisa mencukupi kebutuhan seseorang untuk kurun waktu tertentu, rasa aman akan pakaian yang bisa ia kenakan sehari-hari, dan ketersediaan tempat tinggal untuk berteduh. Sedangkan rasa aman akan terror dari luar dapat berupa rasa aman dari ancaman perang, kejahatan, perampokan dan lain sebagainya.

3.       Kebutuhan akan penghargaan
Pada dasarnya manusia ingin dihargai pada setiap sikap dan perilakunya. Setiap manusia akan selalu berusaha lebih dan lebih lagi agar usahanya mendapatkan penghargaan yang sesuai dari masyarakat sekitarnya. Manusia yang belum bisa memenuhi kebutuhannya akan penghargaan akan terus menerus berusaha agar mampu mendapatkan harga yang setimpal dari manusia lainnya. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan penghargaan membuat manusia cenderung bersemangat ataupun sebaliknya.

4.       Kebutuhan sosial
Manusia adalah makhluk sosial, karena itulah setiap orang butuh  untuk bersosialisasi. Cara manusia bersosialisasi dengan manusia lainnya dapat diwujudkan dengan cara berteman, berkerabat dan menjalin hubungan antar sesama. Manusia tak dapat hidup sendiri, karena itulah insting sosialnya akan terus mencari pasangan atau teman hidup sesama manusia untuknya berbagi dan saling membantu.

5.       Kebutuhan aktualisasi diri
Setelah melewati keempat kebutuhan dasar diatas, kebutuhan manusia yang berikutnya adalah kebutuhan untuk aktuaisasi diri. Hal ini dikarenakan manusia tidak pernah merasa puas akan apa yang sudah dimiikinya. Setiap orang akan selalu mendaki puncak berikutnya setelah mampu menakhlukkan satu puncak tantangan. Ia akan selalu ingin memiliki lebih dalam hal apapun, pendidikan, pengetahuan, penghargaan, dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment