Sunday, February 17, 2013

Belajar Edit Foto ke Video dengan Windows Movie Maker (Contoh Movie)




Pernah melihat rangkaian foto dalam bentuk slide, dengan pengaturan waktu yang berbeda-beda pada setiap foto, dan diiringi dengan lantunan musik? Penulis pernah. Begitu melihatnya penulis langsung penasaran tentang bagaimana cara membuat foto jadi video supaya terlihat sebagus itu? Software apa yang dipakai untuk membuat video dari foto supaya sedemikian bagusnya? Bagaimana langkah-langkah membuatnya? Dan bla bla bla. Dalam isi kepala penulis pertanyaan-pertanyaan itu menggumpal seperti benang kusut. Sampai setelah penulis browsing dan bertanya-tanya pada om google, ternyata yang membuat foto itu tampil menarik dalam slide-slide video unik adalah salah satunya menggunakan Windows movie maker.

Windows movie maker merupakan software untuk membuat dan mengedit video buatan windows. Software ini berfungsi untuk mengolah file-file multimedia ke dalam bentuk video yang bisa kita sesuaikan dengan kreatifitas masing-masing. Fiture-fiture yang ada daam software ini memang tidak teralu lengkap, namun sudah cukup baik untuk pemula yang ingin belajar membuat dan mengedit video.

Biasanya pada windows xp, sofware ini sudah terinstal otomatis, namun pada Windows 7 software ini belum terinstal secara default sehingga kita harus mendownload dan menginstalnya secara manual. Jika software sudah terinstal, barulah kita bisa membuat rangkaian video dengan software movie maker yang sudah kita instal.

Berikut video awal penulis saat belajar menggunakan windows movie maker. Karena saat pembuatannya benar-benar masih coba-coba, jadi hasilnya pun masih benar-benar belum sempurna. Namun, jika pembaca sudah mahir mengedit video dengan movie maker, penulis yakin hasilnya akan sangat jauh lebih bagus daripada video hasil editan penulis berikut.

Video pertama:

Video Kedua:
Untuk video kedua mempunyai resolusi yang besar, jadi penulis memutuskan untuk tidak menguploadnya.

 Video Ketiga:



Nah, bagi yang ingin mencobanya dirumah, selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment