Thursday, February 14, 2013

Coklat Untuk Simbol Kasih Sayang



Coklat. Dimana-mana ada coklat. Buka mata yang dilihat coklat. Keluar kamar dan mendapati teman satu kosan sedang makan coklat. Buka facebook banyak yang upload gambar coklat. Buka twitter banyak yang membahas tentang coklat. Aarrkhh, ada apa dengan hari ini? Apa tadi malam sudah datang hujan coklat dari langit?!

Ternyata tidak, dan akhirnya penulis ingat bahwa hari ini adalah tanggal 14 Februari, dimana banyak orang menyebutnya hari Valentine, meski sebagian orang tidak ikut merayakannya. Ya, hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari memang selalu identik dengan coklat dan bunga. Dalam catatan penulis kali ini penulis akan mencoba menjabarkan sedikit tentang filosofi dari hari Valentine atau yang kata orang merupakan Hari Kasih Sayang dan hubungannya dengan bunga dan coklat.

Menurut alkisah yang penulis dapatkan saat penulis duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), hari Valentine ada untuk memperingati kematian seorang pastur bernama Valentino yang jatuh cinta pada jemaah gerejanya. Peristiwa ini terjadi pada zaman dahulu kala.

Pastur ini dihukum mati karena ia lebih memilih untuk mempertahankan cintanya pada sang jemaah dan merelakan title-nya sebagai pastur dilepas. Akan tetapi karena sang jemaah berasal dari keluarga kalangan atas, maka cinta sang pastur dianggap sebagai kejahatan, dan ia pun dihukum mati.

Ketulusan cinta sang pastur baru diketahui setelah kematiannya. Karena kegigihan dan cintanya yang tulus pada sang jemaah, akhirnya banyak orang yang bersimpati dan memperingati hari kematian pastur ini sebagai Hari Kasih Sayang, dan nama Valentine berasal dari nama pastur yang telah mati yaitu Valentino.

Cerita di atas penulis dapat dari salah satu guru penulis saat SMP, dan sang guru juga mendapatkan cerita tersebut entah darimana, dan tentang kebenarannya pun belum bisa dipastikan.

Namun, dari cerita di atas kurang lebih dapat penulis simpulkan bahwa hari Valentine yang diperingati pada tanggal 14 Februari adalah untuk memperingati kematian seorang pastur bernama Valentino yang mengorbankan dirinya untuk membuktikan ketulusan cintanya pada seorang jemaah gerejanya.

Valentine, Bunga dan Coklat

Hari Valentine Selalu identik dengan bunga dan coklat. Mengapa demikian? Menurut penulis, bunga melambangkan keindahan dan coklat melambangkan manis.

Bunga
Mengapa bunga dihadirkan sebagai simbol hari Kasih Sayang? Kita semua tahu bahwa bunga (apalagi bunga mawar) yang merupakan lambang cinta adalah salah satu tanaman yang indah, harum, dan apabila tidak hati-hati menggenggamnya, durinya akan melukai tangan kita.
Seperti halnya cinta yang indah, namun, jika tidak hati-hati menjaganya akan melukai pelaku cintanya.

Coklat
Coklat itu manis. Mungkin itu adalah alasan coklat dijadikan identik dengan Valentine. Membagikan sesuatu yang manis akan menaburkan kebahagiaan. Karena berbagi kasih sayang itu manis, baik bagi yang membaginya maupun yang menerimanya. Saat seseorang memberikan kasih sayang dan wujud kasih sayangnya tersebut disambut baik oleh orang yang dituju, sang pemberi kasih sayang akan merasa sangat senang. Demikian pula saat seseorang berbagi coklat. Siapapun yang menerimanya akan merasa senang. (penulis juga akan merasa senang saat ada yang memberi coklat pada penulis ^^)

Seperti itulah pendapat penulis tentang bunga dan coklat di hari Valentine. Meskipun umumnya banyak orang yang merayakan hari kasih sayang dengan memberikan bunga dan coklat pada kekasihnya, namun masih banyak juga sebagian orang yang memilih untuk tidak ikut merayakan hari Valentine. Memberikan kasih sayang pada orangtua, saudara, sahabat dan kekasih, tidak perlu menunggu datangnya hari Valentine kan? Bukannya baiknya kasih sayang itu ada di setiap hari, setiap saat, dan setiap waktu?

No comments:

Post a Comment