Thursday, February 14, 2013

Kesuksesan Opor Ayam (Part 2)




Setelah kesuksesan membuat opor ayam yang pertama penulis ceritakan pada Amas, akhirnya dia kepingin mencoba opor ayam buatan penulis (dengan alasan meminta bukti). Setelah seminggu menanti, akhirnya hari ini penulis kabulkan permintaannya dengan membuatkannya opor ayam ala penulis.

Untuk bumbu dan bahan serta cara pembuatannya sama seperti yang ada pada catatan penulis tentang ‘Kesuksesan Opor Ayam (Part 1)’ sebelumnya. Bedanya hanya kali ini penulis membuatnya dalam porsi yang lebih sedikit, karena di kosan penulis sebagian penghuninya lebih suka membeli makanan dari luar. Karena hanya akan dimakan untuk penulis, Amas dan segelintir teman kos penulis (sepertinya penghuni kost yang lain takut keracunan), maka dari itulah penulis membuatnya dengan porsi sedikit.

Dalam pembuatan opor hari ini, penulis hanya menggunakan seperempat ekor ayam, dengan ukuran ayam yang agak besar sepertinya, karena penulis bisa membaginya menjadi 10 potongan kecil (jangan-jangan memang penulis yang memotongnya terlalu kecil?! K). Sedang untuk bumbunya, penulis menggunakan 8 butir bawang merah, 5 butir bawang putih, 3 butir kemiri, 1 sdt ketumbar, ¼ sdt merica, 2 cm kunyit, 1 cm jahe, 2 cm lengkuas digeprek, 1 batang serai, 3 lembar daun salam,dan garam, gula serta penyedap rasa secukupnya. Untuk proses pembuatannya tidak berbeda dengan opor ayam pertama.

Kata si Amas sih opor ayam kedua yang dimakannya (setelah opor pertama berasa sayur lodeh) ini enak. Dan seperti biasa selalu ada kalimat, “tapi kayanya kurang .... bla bla bla”.

Selamat ya Amas, sudah berhasil mendapat IP 3,85 di semester yang ke-V (lima) ini, semoga ke depannya semakin meningkat ya pretasinya. ({})

No comments:

Post a Comment