Friday, February 1, 2013

Pribadi Yang Menarik




Menjadi pribadi yang menarik merupakan aset yang tak ternilai harganya. Tak jarang dalam hidup seseorang sering frustasi karena keberadaannya tidak bisa diterima oleh lingkungannya. Karena itu sebisa mungkin jadilah magnet yang bisa menarik simpati setiap orang dan membuat mereka nyaman berada di dekat kita.



1.       Bersikap Sebagaimana yang Kita Inginkan Dari Orang Lain
Ini adalah hal utama yang harus kita lakukan. Pasalnya, seseorang hanya memetik hasil dari apa yang ia tanam. Jika kita ingin orang lain bersikap baik kepada kita, maka berbaik hatilah pada mereka terleih dahulu. Seseorang hanya bersikap sebagaimana kita bersikap pada mereka. Jika kita ingin dihormati, hormatilah orang lain. Berikan contoh terlebih dahulu kepada mereka bagaimana sikap yang kita inginkan dari mereka melalui cara kita menyikapi orang lain. Dengan begitu, maka dengan sendirinya orang lain akan memilih sikap seperti apa yang akan mereka ambil pada kita.

2.       Jadikan Setiap Orang Merasa Dirinya Penting
             Setiap orang akan merasa bahagia saat ia merasa dirinya memiliki arti tertentu dalam kehidupan seseorang. Karena itu buatlah mereka merasa kita peduli dan memperhatikan setiap detail yang ada pada mereka. Tunjukkan dengan ucapan maupun sikap. Misalnya saat seseorang berbicara, berikan tatapan antusias yang menunjukkan bahwa kita sedang memperhatikan apa yang sedang ia ucapkan. Bahkan menurut sebuah hadits Nabi Muhammad SAW pun selalu menatap lawan bicaranya saat berbincang.

3.       Berilah Pujian
             Tak dapat disangkal, setiap orang suka akan pujian (bukan dalam artian gila pujian). Dengan pujian seseorang merasa usaha/perilakunya mendapat penghargaan tersendiri. Menuru Abraham Maslow, kebutuhan manusia akan penghargaan menempati urutan ketiga dari kelima kebutuhan dasar manusia. Karena itu hargailah setiap orang, berikan mereka pujian sesuai dengan kriteria kualitas yang ada pada diri mereka.
       Memberikan tidak boleh sembarangan dan mengada-ada. Jika kita belum bisa memberikan pujian pada seseorang, berikan penghargaan dengan tidak mencela usahanya. Karena jika kita memuji secara berlebihan dan tidak berdasarkan fakta, tidak jarang seseorang malah akan merasa kita sedang menyindirnya. Karena itu pandai-pandailah menemukan sisi baik dari diri seseorang.

4.       Bersikap Ramahlah
             Keramah-tamahan membuat orang merasa diterima dan dihargai. Setiap orang akan merasa senang bila ada orang lain yang bersikap ramah padanya. Keramah-tamahan identik dengan senyuman dan bertegur sapa. Bersikap ramahlah pada setiap orang yang kita temui, bisa jadi salah satu dari mereka adalah orang yang bisa membantu kita saat kita sedang kesulitan. Bersikap ramah diperlukan untuk menjaga hubungan baik antara orang yang satu dengan orang yang lain. Sikap ini juga merupakan cara terbaik untuk tetap menjaga hubungan baik antar sesama.

5.       Royal
Membagi sekedar permen atau satu buah gorengan seharga Rp 500 tidak akan membuat kita jatuh miskin. Kita tidak akan kekurangan hanya karena memberi, dan tidak akan menderita hanya karena berbagi. Seseorang yang royal akan disenangi orang lain.
Cara terbaik untuk seorang tetangga baru untuk memperkenalkan diri adalah dengan memberi. Dengan begitu kita punya alasan lain untuk berkunjung dan menyambung kekerabatan dengan orang lain. Akan lebih baik saat seseorang mengatakan kita royal dengan nada sewot daripada seseorang yang berkata kita pelit dengan nada bercanda. Berbagi itu indah. Tidak selamanya yang kita bagi adalah materi, royal disini bisa berarti perhatian, senyuman, dan lain sebagainya.

6.       Jadilah Pendengar Yang Baik
Setiap orang senang bila didengarkan. Berilah kesempatan untuk orang lain berbicara dan menyampaikan argumennya. Berikan pertanyaan-pertanyaan yang membuat ia berantusias untuk terus bercerita dan usahakan untuk tidak memberi nasehat jika kita tidak diminta, kerena umumnya seseorang yang tidak meminta nasehat dari kita berarti ia tidak membutuhkan nasehat itu. Jadi ikutilah alur yang sudah disettingnya dan buatlah orang lain merasa diperhatikan dan jangan menyela saat orang lain berbicara.

7.       Jangan Takut Berkata ‘Tidak’
            Hanya karena takut kita berseberangan pendapat dengan orang lain bukan berarti kita harus selalu mengatakan ‘ya’ untuk setiap argumen. Seseorang yang disukai bukanlah seseorang yang selalu berkata ‘ya’. Sesekali katakanlah ‘tidak’ untuk hal-hal yang melenceng dari prinsip kita. Jangan takut untuk berbeda. Dengan begitu orang lain akan tahu bahwa kita adalah orang yang berpendirian teguh dan memberikan sebuah nilai positif tentang kepribadian kita dimata orang lain.

8.       Sebutlah Nama Dengan Benar
Nama adalah hal yang berharga dan bersifat pribadi bagi setiap orang. Karena itu jangan salah menyebut nama. Jika kita ragu pada pelafalan nama seseorang, jangan takut untuk bertanya bagaimana cara mengeja namanya dengan benar. Misalkan seseorang yang bernama Michael, apakah ia dipanggil maikel atau mikael. Bertanya secara langsung lebih baik dari pada harus menebak-nebak dan keliru.
            Pada saat berbicara dengan orang lain, usahakan menyebut namanya sesering mungkin. Menyebut ‘Bu Desi’ lebih baik daripada hanya ‘Ibu’ (kecuali jika itu orang tua kita).

9.       Hargailah Diri Sendiri
            Menghargai diri sendiri sanagt penting. Jika kita ingin orang lain menghargai kita, maka tempatkanlah harga diri yang sesuai dengan image kita. Tidak ada orang lain yang lebih bisa menghargai diri kita selain diri sendiri. Karena itu pelajaran harga-menghargai dan cinta-mencintai selalu berasal dari diri sendiri terlebih dahulu.

No comments:

Post a Comment