Tuesday, February 12, 2013

Isi Kandungan Al-Qur'an Surat Al-Furqon : 63 - 70


Nama          : Emi Fatmawati
Jurusan       : Ekonomi Manajemen
NIM             : 10620047


TUGAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Tentang Isi Kandungan Al-Qur’an Surat Al-Furqon: 63-70

a.   Al-Furqon: 63-70



























b.   Terjemahan:
63.    Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan dibumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam”
64.    Dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berlari
65.    Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, jauhkanlah azab Jahannam dari kami,karena sesungguhnya azabnya itu membuat kebinasaan yang kekal”
66.    Sungguh Jahannam itu seburuk-buruknya tempat menetap  dan tempat kediaman.
67.    Dan (termasuk hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih) orang-orang yang apabila menginfakkan (harta) mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, di antara keduanya secara wajar.
68.    Dan orang-orang yang tidak mempersekutukan Allah dengan sembahan lain dan tidak membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan (alas an) yang benar, dan tidak berzina, dan barang siapa melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat hukuman yang berat.,
69.    (yakni) akan dilipatgandakan azab untuknya pada hari Kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina.
70.    Kecuali orang-orang yang bertobat dan beriman dan mengerjakna kebajikan,maka kejahatan mereka Diganti Allah dengan kebaikan. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


c.   Isi Kandungan Al-Furqon: 63-70

Ayat-ayat ini menjelaskan bahwa ada 11 sifat yang dimiliki orang yang beriman. Yang mana, bagi orang beriman yang memiliki 11 sifat tersebut akan memperoleh gelar ‘ibadurrahman’ (hamba-hamba yang mendapatkan rahmat paling besar disisi Allah). Derajat-derajat paling istimewa yang diperoleh di surga kelak. Dan orang-orang tersebut harus melaksanakan kewajiban yang diwajibkan oleh Allah, jika tidak maka orang tersebut akan mendapatkan siksa yang amat pedih dan sebaliknya.

Kesebelas sifat tersebut adalah:
  1. Sederhana dalam berinfaq
  2. Tawadhu
  3. Selalu mengucapkan ucapan yang baik
  4. Orang yang selalu sholat malam
  5. Merasa takut siksa Allah
  6. Menjauh dari sifat syirik
  7. Menjauhi yang Diharamkan Allah
  8. Tidak berbuat zina
  9. Menjauhkan diri dari saksi palsu
  10. Senang menerima nasehat baik
  11. Senantiasa berdoa

2 comments:

  1. Bisa buat ngerjain tugas dan sekolah daring makasih kak semoga ilmu kakak tambah bermanfaat buat semua orang.Thanks ya kak

    ReplyDelete