Wednesday, January 30, 2013

Definisi Sebuah SIM (Sistem Informasi Manajemen)


Sistem informasi yang mutakhir pun masih harus melayani pengolahan transaksi. Pengolahan transaksi pada prakteknya menyajikan masukan bagi database. Pengolahan transaksi pada sistem mutakhir adalah menuju pengumpulan data secara online dan permintaan informasi secara online pula.

Kemampuan memperoleh informasi secara online sangat besar peranannya dalam mendukung operasi, artinya setiap petugas yang berwenang dapa memperoleh jawaban langsung atas sesuatu permintaan informasi seperti posisi terakhir perkiraan seorang pelanggan/persediaan yang ada untuk jenis barang tertentu.

Menurut istilah umum yang dikenal orang, definisi SIM adalah sebuah sistem manusia atau mesin yang terpadu (integrated) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi manajemen dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen, dan keputusan dari sebuah database.
Sebuah SIM adalah berdasarkan komputer, hal ini berarti bahwa para perancang harus memiliki pengetahuan cukup mengenai komputer dan penggunaannya dalam pengolahan informasi.

Konsepmanusia atau mesin berarti bahwa perancang sebuah SIM harus memahami kemampuan manusia sebagai pengolah informasi dan perilaku manusiadalam mengambil keputusan.

Sebuah sistem terpadu berdasarkan pada anggapan bahwa harus ada integrasi antara data dan pengolahan. Integrasi data dicapai melalui database. Pada sebuah sistem, pengolahan informasi database terdiri dari semua data yang dapat dijangkau oleh sistem.

Pada Sistem Informasi Manajemen berdasarkan komputer, istilah database biasanya dipakai khusus untuk data yang dapat dijangkau secara langsung oleh komputer.

Manajemen sebuah database adalah sistem perangkat lunak komputer yang disebut sebagai DBMS (Database Management System).

Pokok-pokok sebuah SIM adalah sebagai berikut:
1.    Perangkat keras komputer
2.    Perangkat lunak komputer
a.    Perangkat lunak sistem umum
b.    Perangkat keras sistem umum
c.     Program aplikasi
3.    Database yang tersimpan dalam media penyimpanan komputer
4.    Prosedur
5.    Petugas pengoperasianDefinisi Sebuah SIM (Sistem Informasi Manajemen)

No comments:

Post a Comment