Saturday, January 26, 2013

Produk atau Jasa



Dalam membahas bagian ini akan :
1.       Menjelaskan Produk atau jasa yang akan/telah  dibuat  serta cara membuatnya.
2.       Mengemukakan mengapa produk atau jasa tersebut memiliki nilai kelebihan lain yang sejenis dan kemungkinan tingkat keberhasilannya
3.       Berkaitan dengan rencana pemasaran menganalisa apakah ada atau tidak kebutuhan yang riil atas seluruh produk dan jasa atau dibatasi hanya pada produk atau jasa permintaan pasar. Untuk mengenai hal ini akan berkaitan perusahaan sebagai :

A.   Jika sebagai Manufaktur / Distributor
1.     Manufaktur è menjelaskan produk mulai dari mengolah bahan baku hingga menjadi produk jadi. Membuat flow Chart atau time line dapat membantu mengidentifikasi berbagai tahap riset & pengembangan dan produksi.
2.     Distributor è menjelaskan produk yang anda distribusikan dan manufaktur pembuatnya. Bagaimana pembayaran produk (dijual dulu atau membayar dulu).
3.     Manufaktur dan Disributor

B.   Jika sebagai Peritel (Retailer) è menjual langsung kepada konsumen, maka perlu menjelaskan :
1.     Jenis utama (kategori) produk yang dijual
2.     Proses pemilihan produk.
3.     Alasan pemilihan pemasok atau vendor tertentu.
4.     Jika sedikit produk sertakan sumber, harga beli (discaount) dan harga jual (termasuk mark up)

4.       Apabila sebagai Penyedia Jasa, maka menjelaskan jasa apa yang diberikan, mengapa anda dapat menyediakan & siapa yang dapat melakukan. Keunikan dan keistimewaan bisnis anda.
Penjelasan produk  atau jasa perusahaan dapat diperinci menjadi tiga bagian :
A.   Penjelasan mengenai bisnis yang kita jalankan, meliputi :
1.     Aspek legalitas dari bisnis tersebut (lisensi yang dimiliki atau izin, kerja sama dengan siapa).
2.     Jenis bisnis (Perdagangan atau manufaktur)
3.     Produk atau Jasa yang dihasilkan serta spesifikasinya.
4.     Apakah bisnis baru atau pengambilalihan (takeover), perluasan, franchise atau keagenan.
5.     Bagaimana keuntungannya dan peluang
6.     Bagaimana hubungan dengan pemasok, pihak perbankan, dan distributor.
B.   Penjelasan mengenai produk atau jasa yang kita jalankan :
1.     Apa yang kita jual
2.     Apakah produk  atau jasa yang kita hasilkan memberikan banyak keuntungan kepada konsumen.
3.     Produk atau jasa yang paling banyak permintaannya atau produk/jasa sudah jenuh di pasar.
4.     Keunggulan produk yang kita jual.
Dalam hal ini harus dijelaskan secara terperinci dari sudut konsumen sehingga bisnis dapat sukses sangat tergantung pada seberapa besar pemilik bisnis mengetahui yang diharapkan konsumen.
C.   Penjelasan mengenai lokasi bisnis yang kita jalankan
1.     Faktor-faktor yang diperlukan berkenaan dengan lokasi yang dipilih
2.     Luas bangunan yang diperlukan
3.     Alasan mengapa lokasi dipilih (wilayah bergengsi, mudah dicapai, aman)
Keterangan tentang fasilitas yang ada (telah dilengkapi fasilitas yang memadai, seperti saluran, dipinggir jalan utama sehingga dilalui transportasi umum).

No comments:

Post a Comment