Dalam membahas bagian ini akan :
1. Menjelaskan Produk atau jasa yang akan/telah dibuat serta cara membuatnya.
2. Mengemukakan mengapa produk atau jasa tersebut memiliki
nilai kelebihan lain yang sejenis dan kemungkinan tingkat keberhasilannya
3. Berkaitan dengan rencana pemasaran menganalisa apakah ada
atau tidak kebutuhan yang riil atas seluruh produk dan jasa atau dibatasi hanya
pada produk atau jasa permintaan pasar. Untuk mengenai hal ini akan berkaitan
perusahaan sebagai :
A.
Jika sebagai
Manufaktur / Distributor
1.
Manufaktur è menjelaskan produk mulai dari mengolah bahan baku hingga
menjadi produk jadi. Membuat flow Chart atau time line dapat membantu
mengidentifikasi berbagai tahap riset & pengembangan dan produksi.
2.
Distributor è menjelaskan produk yang anda distribusikan dan
manufaktur pembuatnya. Bagaimana pembayaran produk (dijual dulu atau membayar
dulu).
3.
Manufaktur dan
Disributor
B. Jika sebagai Peritel (Retailer) è menjual langsung kepada konsumen, maka perlu menjelaskan
:
1. Jenis utama (kategori) produk yang dijual
2. Proses pemilihan produk.
3. Alasan pemilihan pemasok atau vendor tertentu.
4. Jika sedikit produk sertakan sumber, harga beli
(discaount) dan harga jual (termasuk mark up)
4. Apabila sebagai Penyedia Jasa, maka menjelaskan jasa apa
yang diberikan, mengapa anda dapat menyediakan & siapa yang dapat
melakukan. Keunikan dan keistimewaan bisnis anda.
Penjelasan
produk atau jasa perusahaan dapat
diperinci menjadi tiga bagian :
A. Penjelasan mengenai bisnis yang kita jalankan, meliputi :
1. Aspek legalitas dari bisnis tersebut (lisensi yang
dimiliki atau izin, kerja sama dengan siapa).
2. Jenis bisnis (Perdagangan atau manufaktur)
3. Produk atau Jasa yang dihasilkan serta spesifikasinya.
4. Apakah bisnis baru atau pengambilalihan (takeover),
perluasan, franchise atau keagenan.
5. Bagaimana keuntungannya dan peluang
6. Bagaimana hubungan dengan pemasok, pihak perbankan, dan
distributor.
B. Penjelasan mengenai produk atau jasa yang kita jalankan :
1. Apa yang kita jual
2. Apakah produk atau
jasa yang kita hasilkan memberikan banyak keuntungan kepada konsumen.
3. Produk atau jasa yang paling banyak permintaannya atau
produk/jasa sudah jenuh di pasar.
4.
Keunggulan produk
yang kita jual.
Dalam hal ini harus dijelaskan secara terperinci dari
sudut konsumen sehingga bisnis dapat sukses sangat tergantung pada seberapa
besar pemilik bisnis mengetahui yang diharapkan konsumen.
C. Penjelasan mengenai lokasi bisnis yang kita jalankan
1. Faktor-faktor yang diperlukan berkenaan dengan lokasi
yang dipilih
2. Luas bangunan yang diperlukan
3.
Alasan mengapa
lokasi dipilih (wilayah bergengsi, mudah dicapai, aman)
Keterangan tentang
fasilitas yang ada (telah dilengkapi fasilitas yang memadai, seperti saluran,
dipinggir jalan utama sehingga dilalui transportasi umum).
No comments:
Post a Comment