Saturday, January 26, 2013

Rencana Pemasaran


BAB V
RENCANA PEMASARAN

Pemasaran  adalah  suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Strategi Pemasaran adalah kegiatan-kegiatan yang menyangkut penjualan, pemasaran, periklanan, humas, dan networking.
Dari definisi di atas, maka strategi pemasaran merupakan suatu pendekatan komprehensif yang perlu diambil perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis. Bagian-bagian (komponen) utama strategi pemasaran :
-         Analisa Pasar (Pasar Sasaran, Persaingan, Tren Industri)
-         Strategi penjualan (Online & Offline)
-         Periklanan
-         Humas
-         Pelayanan Pelanggan
Setiap komponen strategi pemasaran mengandung maksud  & manfaat  khusus serta saling mengisi dengan komponen lainnya, sehingga memperluas citra (Image), memperkuat Merk (Brand), dan Meningkatkan Penjualan serta menyakinkan keunikan perusahaan.
Tujuan Strategi Pemasaran è dengan ke lima komponen di atas mampu mengerakkan bisnis agar tujuan pemasaran tercapai yaitu perusahaan berharap dapat memperluas basis pelanggan, meningkatkan penjualan, mencapai profitabilitas, mempromosikan produk atau jasa baru, dan mencapai tujuan ideal lainnya.



Rencana bisnis pada bagian ini setidaknya memuat hal-hal berikut :
1.     Profil konsumen (penjelasan siapa konsumen kita, siapa target pasar kita)
2.     Potensi pasar serta prospek pertumbuhannya di masa yang akan datang.
3.     Market share yang ada saat ini dan kemungkinan perubahannya yang akan datang.
4.     Analisis kuantitatif maupun kualitatif dengan menggunakan metode statistika  atau metode ilmiah lainnya, dan  dengan menggunakan data serta informasi hasil riset tentang konsumen dan pesaing.
5.     Karakteristik konsumen serta kecenderungan perubahannya, perilakunya (mengapa dan bagaimana cara mereka biasa membeli)
6.     Tingkat persaingan : siapa saja yang telah bermain di industri tersebut, seberapa kuat pesaing yang ada, dan bagaimana kondisi harga dan strategi pemasaran yang diterapkan oleh pesaing.
7.     Keunggulan kompetitif yang kita miliki yang membuat kita yakin bahwa kita dapat mengalahkan pesaing (strategi meningkatkan citra perusahaan).
8.     Strategi pemasaran harus menjelaskan strategi harga, promosi, penjualan, serta berbagai strategi pemasaran lainnya.
9.     Rencana pengembangan pemasaran di masa yang akan datang
Ada empat kegiatan yang dapat membantu mengorganisir usaha-usaha pemasaran menuju arah yang paling efektif dalam mencapai tujuan :
1.     Menjual secara selektif è membantu menegaskan relung pasar (market niche) Apa perbedaan produk yang ditawarkan.
2.     Kenali relung produk/jasa è Jenis individu dan/atau bisnis apa yang Anda layani. Mulai secara umum sampai sedetail mungkin
3.     Ciptakan Atribut-Atribut (Pitch) Produk/Jasa anda
4.     Harga Untuk Laba. è Tujuan bisnis adalah menghasilkan laba, maka dalam menentukan tarif harga harus menghasilkan laba berarti meningkatkan penjualan.

1 comment:

  1. Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun profit,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di fbsasian.com
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    ReplyDelete