BAB V
RENCANA PEMASARAN
Pemasaran adalah suatu
sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang
memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Strategi Pemasaran
adalah kegiatan-kegiatan yang menyangkut penjualan, pemasaran, periklanan,
humas, dan networking.
Dari definisi di atas, maka strategi pemasaran merupakan
suatu pendekatan komprehensif yang perlu diambil perusahaan untuk mencapai
tujuan-tujuan bisnis. Bagian-bagian (komponen) utama strategi pemasaran :
-
Analisa Pasar
(Pasar Sasaran, Persaingan, Tren Industri)
-
Strategi penjualan
(Online & Offline)
-
Periklanan
-
Humas
-
Pelayanan Pelanggan
Setiap komponen strategi pemasaran mengandung maksud & manfaat khusus serta saling mengisi dengan komponen
lainnya, sehingga memperluas citra (Image), memperkuat Merk (Brand), dan
Meningkatkan Penjualan serta menyakinkan keunikan perusahaan.
Tujuan Strategi Pemasaran è dengan ke lima komponen di atas mampu mengerakkan bisnis
agar tujuan pemasaran tercapai yaitu perusahaan berharap dapat memperluas basis
pelanggan, meningkatkan penjualan, mencapai profitabilitas, mempromosikan
produk atau jasa baru, dan mencapai tujuan ideal lainnya.
Rencana bisnis pada bagian ini setidaknya memuat hal-hal
berikut :
1.
Profil konsumen
(penjelasan siapa konsumen kita, siapa target pasar kita)
2.
Potensi pasar serta
prospek pertumbuhannya di masa yang akan datang.
3.
Market share yang
ada saat ini dan kemungkinan perubahannya yang akan datang.
4.
Analisis kuantitatif
maupun kualitatif dengan menggunakan metode statistika atau metode ilmiah lainnya, dan dengan menggunakan data serta informasi hasil
riset tentang konsumen dan pesaing.
5.
Karakteristik
konsumen serta kecenderungan perubahannya, perilakunya (mengapa dan bagaimana
cara mereka biasa membeli)
6.
Tingkat persaingan
: siapa saja yang telah bermain di industri tersebut, seberapa kuat pesaing
yang ada, dan bagaimana kondisi harga dan strategi pemasaran yang diterapkan
oleh pesaing.
7.
Keunggulan
kompetitif yang kita miliki yang membuat kita yakin bahwa kita dapat
mengalahkan pesaing (strategi meningkatkan citra perusahaan).
8.
Strategi pemasaran
harus menjelaskan strategi harga, promosi, penjualan, serta berbagai strategi pemasaran
lainnya.
9.
Rencana
pengembangan pemasaran di masa yang akan datang
Ada empat kegiatan yang dapat membantu mengorganisir
usaha-usaha pemasaran menuju arah yang paling efektif dalam mencapai tujuan :
1.
Menjual secara
selektif è membantu
menegaskan relung pasar (market niche) Apa perbedaan produk yang ditawarkan.
2.
Kenali relung
produk/jasa è Jenis individu
dan/atau bisnis apa yang Anda layani. Mulai secara umum sampai sedetail mungkin
3.
Ciptakan
Atribut-Atribut (Pitch) Produk/Jasa anda
4.
Harga Untuk Laba. è Tujuan bisnis adalah menghasilkan laba, maka dalam
menentukan tarif harga harus menghasilkan laba berarti meningkatkan penjualan.
Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun profit,bergabung sekarang juga dengan kami
ReplyDeletetrading forex fbsasian.com
-----------------
Kelebihan Broker Forex FBS
1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya
Buka akun anda di fbsasian.com
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 085364558922
BBM : fbs2009