Saturday, January 26, 2013

Rencana Organisasi



Rencana Organisasi merupakan rancangan bisnis detail organisasi (Rencana Organisasi) yang di mulai Deskripsi Bisnis dan Produk/Jasanya. Sebagian lainnya set up Administrasi atau pengaturan bisnis agar berfungsi secara efisien dan efektif biayanya (cost efektif)
MEMBANGUN PONDASI BISNIS
-         Secara konseptual menjelaskan pikiran tentang bisnis anda.
-         Visi  & misi bisnis yang ingin dicapai & bagaimana bisnis dilihat pihak lain
-         Strategi yang digunakan dan relasi strategi yang akan dibangun
PERKENALKAN BISNIS ANDA
Dalam memperkenalkan bisnis anda dapat dilengkapi dengan membahas :
1.     Misi è Misi harus jelas mengapa perusahaan didirikan dan apa yang akan dicapai.
Menggambarkan tujuan perusahaan termasuk sifat, nilai dan kerjanya. Selalu dikaitkan dengan VISI peusahaan. Maka dalam memberikan VISI & MISI hal ini pengertiannya “Tidak “ boleh kabur.
Pernyataan visi yang ideal harus memenuhi kriteria :
a.     Singkat (tidak boleh lebih dari satu paragraf)
b.     Tidak berputar-putar (To The Point)
c.      Fokus satu topik.
d.     Punya pandangan ke depan yang cukup jauh dan konsep besar  yang tidak dapat diukur
e.      Menyajikan fokus dan arah tertentuuntuk diikuti oleh bisnis anda
Pernyataan misi yang ideal harus memenuhi kriteria :
a.     Ringkas idealnya satu kalimat
b.     Menyajikan arah yang jelas bagi bisnis
c.      Harus menentukan parameter spesifik untuk bisnis
d.     Harus diukur dalam istilah umum .....apakah anda menerima misi perusahaan
e.      Harus dapat diterima   
2.     Model Bisnis è Metode berbisnis suatu perusahaan dapat memperoleh dan mempertahankan pendapatanya.
3.     Strategi è suatu rencana tindakan yang dirancang  ntuk mencapai tujuan khusus yang telah ditetapkan baik jangka pendek maupun jangka panjang
4.     Relasi strategi è kontrak resmi yang saling mengikat antara dua atau lebih organisasi. Dalam hal harus menyebutkan siapa dan bagaimana memperoleh keuntungan
5.     Analisa SWOT è Merupakan pengujian mendalam atas faktor-faktor kunci internal (kekuatan & kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) dari perusahaan anda.
SWOT singkatan dari Strenghs (Kekuatan), weakness (Kelemahan), Opportunities (Peluang), Threats (Ancaman).
Dengan topik topik diatas mulailah dengan gambaran atas sifat bisnis anda yaitu :
a.     Kapan didirikan
b.     Mengapa didirikan
c.      Penjelasan sifat dan keunikan produk/jasa
d.     Tinjauan sejarah perusahaan secara umun
e.      Kondisi keuangan
f.       Tujuan kedepan perusahaan
Pembaca harus harus diinformasikan selengkap-lengkapnya sehingga mereka mengerti dan memahami bagaimana dan mengapa bisnis tersebut dilaksanakan.

No comments:

Post a Comment