CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
Contoh Soal 168:
1. Uraikan
secara singkat tetapi padat apa yang anda ketahui pengertian SDM di bank!
Manajemen SDM perbankan adalah:
Kegiatan
pengelolaan SDM yang ada di bank melalui kegiatan perancangan analisis jabatan,
perencanaan tenaga kerja, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan,
perencanaan karier, penilaian prestasi kerja sampai dengan pemberian kompensasi
yang transparan.
2. Jelaskan
mengapa pengelolaan SDM bank begitu penting! Faktor-faktor apa sajakah yang
dianggap penting tersebut!
è
Pengelolaan SDM bank
begitu penting karena sumber daya manusia merupakan tulang punggung dalam
menjalankan roda kegiatan operasional suatu bank. Pengelolaan SDM yang
memperlakukan manusia sesuai dengan norma-norma yang berlaku akan memberikan
rasa keadilan kepada manusia yang terlibat. Perlakuan manusiawi akan memberikan
motivasi yang kuat kepada karyawan untuk memajukan perusahaan. Rasa memiliki
perusahaan pun meningkat sehingga motivasi yang kuat akan dapat meningkatkan
produktivitas kerja karyawannya. Untuk itu, penyediaan SDM (bankir) sebagai
motor penggerak operasional bank haruslah dipersiapkan sedini mungkin.
è
Faktor-faktor penting
dalam pengelolaan SDM:
a. Analisis jabatan
b. Perencanaan tenaga kerja
c. Rekrutmen dan seleksi
d. Pelatihan dan pengembangan
e. Perencanaan karier
f.
Penilaian prestasi kerja
g. Pemberian kompensasi
h. Integrasi dan pemeliharaan
i.
Pemutusan hubungan kerja
3. Hal-hal
apa saja yang perlu dikelola secara profesional di dunia perbankan, terutama
yang berkaitan dengan pengembangan SDMnya!
Analisis jabatan
a. Perencanaan tenaga kerja
b. Rekrutmen dan seleksi
c. Pelatihan dan pengembangan
d. Perencanaan karier
e. Penilaian prestasi kerja
f.
Pemberian kompensasi
g. Integrasi dan pemeliharaan
h. Pemutusan hubungan kerja
4. Kita
mengenal rekrutmen dan seleksi pegawai. Jelaskan tujuan rekrutmen dan seleksi
pegawai, terutama di bank!
Tujuan
rekrutmenadalah memperoleh sejumlah tenaga kerja yang melamar ke bank
Tujuan seleksi
adalah memilih sejumlah tenaga kerja yang diinginkan dari sejumlah tenaga kerja
yang tersedia
5. Menurut
anda mengapa penentuan kompensasi begitu penting bagi bank. Kemudian jelaskan
keuntungan dari penentuan kompensasi yang adil dan apa ukuran adil tersebut!
è
Menurut saya penentuan
kompensasi penting sebagai acuan pada kualitas pekerjaan saya. Saat saya
diberikan kompensasi saya akan tahu berapa nilai yang diberikan perusahaan
terhadap kinerja saya. Kompensasi juga dapat menjadi motivasi yang menyemangati
diri saya sendiri untuk terus memperbaiki diri.
è
Keuntungan penentuan
kompensasiyang adil:
-
Memberikan rasa keadilan
-
Memperoleh dan
mempertahankan karyawan yang berkualitas
-
Mempertahankan karyawan
-
Menghargai karyawan
-
Pengendalian biaya
-
Memenuhi peraturan
pemerintah
è
Ukuran adil dalam
penentuan kompensasi dapat dirancang dengan berdasarkan:
-
Pendidikan dan
pengalaman
-
Prestasi kerja
-
Beban pekerjaan
-
Dan pertimbangan lainnya
6. Jelaskan
alasan mengapa tenaga kerja perlu direncanakan secara matang. Tunjukkan nilai
perlu tersebut!
è
Tenaga kerja perlu
direncanakan secara matang agar tidak terjadi kekosongan di dalam bank yang
dapat mengganggu pelayanan bank kepada masyarakat.
è
Nilai perlu perencanaan
tenaga kerja:
a. Antisipasi terhadap pembukaan cabang baru
b. Adanya pensiun normal karyawan
c. Permintaan berhenti sendiri dari pegawai
d. Diberhentikan oleh bank akibat kelalaian karyawan dalam
melaksanakan tugas-tugasnya atau karena adanya pengurangan pegawai
e. Akibat karyawan meninggal dunia atau mengalami kecelakaan
sehingga karyawan yang bersangkutan tidak mampu lagi untuk bekerja.
7. Uraikan
pengertian karier dan pengembangan karier di bank dan mengapa perencanaan
karier di Indonesia tidak diberikan secara transparan?
-
Karier adalah jalan
kehidupan pekerjaan seorang karyawan selama hidupnya bekerja. Artinya, karier
kerja seseorang dimulai pada saat karyawan masuk bekerja sampai keluar dari
pekerjaan tersebut.
-
Pengembangan karier
adalah usaha untuk meningkatkan karier yang sudah direncanakan. Misalnya dengan
cara meningkatkan prestasi kerja, meningkatkan kesetiaan dan loyalitas karyawan
pada perusahaan, memiliki mentor dan sponsor, juga menggunakan permohonan
permintaan berhenti, sehingga dapat berpindah ke perusahaan yang lebih
menguntungkan.
-
Selama ini perencanaan
karier pada berbagai perusahaan diIndonesia belum transparan, masih banyak
karier seorang naik turun tanpa
mengikuti proses karier itu sendiri. Bahkan beberapa perusahaan tidak
mampumenjelaskan apa dan bagaimana perjalanan karier seseorang selama erkarier
di perusahaannya. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya loyaitas perusahaan
pada pegawainya. Perusahaan tidak benar-benar mencanangkan perencanaan karier
dimana perencanaan ini semestinya harus dimulai dari jenjang karier terendah
sampai yang tertinggi. Syarat2nya harus dikemukakan dengan jelas kepada
karyawannya, ehingga karyawan mampu menentukan apa yang akan dicapainya dan
kapan ia bisa mencapainya. Namun, akibat kurang loyalnya perusahaan menyebabkan
perencanaan karyawan ini tidak transparan, di Indonesia masih banyak perusahaan
yang mengedepankan rasis dan menjunjung tinggi SARA, sehingga mengesampingkan
hal-hal yang lebih penting seperti potensi dan kemauan karyawan.
8. Jelaskan
pengertian prestasi kerja dan metode-metode apa saja yang digunakan dalam
menilai prestasi kerja suatu perusahaan!
-
Prestasi kerja merupakan
prestasi seseorang dalam melakukan pekerjaannya.
-
Metode-metode dalam
penilaian prestasi kerja:
a. Teknik penilaian prestasi kerja masa lalu
o
Rating scalle:
membandingkan hasil pekerjaan karyawan dengan kriteria tertentu
o
Checlist: penialian yang
dimulai dari sejumlah kalimat/kata yang menggambarkan karakteristik karyawan
o
Critical incident:
menilai perilaku karyawan dalam melaksanakan pekerjaan
o
Field review: para
personalia turun langsung ke lapangan membantu penyelia dalam menilai
o
Test dan observasi: tes
pengetahuan dn keterampilan karyawan, baik tertulis maupun dengan peragaan.
b. Metode penilaian masa depan
o
Self appraisals:
penilaian pribadi oleh karyawan yang bersangkutan terhadap prestasi kerjanya
sendiri
o
Psychologis: dengan tes
psikologi yang diberikan kepada emua karyawan atau melalui diskusi dengan
atasan langsung
o
Management by objective:
karyawan dan penyelia bersama-sama menetpkan tujuan dan sasaran pelaksanaan
pekerjaan di masa yang akan datang
o
Assesement centre,
melalui:
§
Wawancara mendalam
§
Tes psikologis
§
Diskusi kelompok
§
stimulasi
No comments:
Post a Comment