Saturday, January 26, 2013

Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Dunia Perbankan


CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
MANAJEMEN PERBANKAN 



Contoh Soal 168:
1.       Uraikan secara singkat tetapi padat apa yang anda ketahui pengertian SDM di bank!
Manajemen SDM perbankan adalah:
Kegiatan pengelolaan SDM yang ada di bank melalui kegiatan perancangan analisis jabatan, perencanaan tenaga kerja, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, perencanaan karier, penilaian prestasi kerja sampai dengan pemberian kompensasi yang transparan.

2.       Jelaskan mengapa pengelolaan SDM bank begitu penting! Faktor-faktor apa sajakah yang dianggap penting tersebut!
è Pengelolaan SDM bank begitu penting karena sumber daya manusia merupakan tulang punggung dalam menjalankan roda kegiatan operasional suatu bank. Pengelolaan SDM yang memperlakukan manusia sesuai dengan norma-norma yang berlaku akan memberikan rasa keadilan kepada manusia yang terlibat. Perlakuan manusiawi akan memberikan motivasi yang kuat kepada karyawan untuk memajukan perusahaan. Rasa memiliki perusahaan pun meningkat sehingga motivasi yang kuat akan dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawannya. Untuk itu, penyediaan SDM (bankir) sebagai motor penggerak operasional bank haruslah dipersiapkan sedini mungkin.
è Faktor-faktor penting dalam pengelolaan SDM:
a.       Analisis jabatan
b.      Perencanaan tenaga kerja
c.       Rekrutmen dan seleksi
d.      Pelatihan dan pengembangan
e.      Perencanaan karier
f.        Penilaian prestasi kerja
g.       Pemberian kompensasi
h.      Integrasi dan pemeliharaan
i.         Pemutusan hubungan kerja

3.       Hal-hal apa saja yang perlu dikelola secara profesional di dunia perbankan, terutama yang berkaitan dengan pengembangan SDMnya!
Analisis jabatan
a.       Perencanaan tenaga kerja
b.      Rekrutmen dan seleksi
c.       Pelatihan dan pengembangan
d.      Perencanaan karier
e.      Penilaian prestasi kerja
f.        Pemberian kompensasi
g.       Integrasi dan pemeliharaan
h.      Pemutusan hubungan kerja

4.       Kita mengenal rekrutmen dan seleksi pegawai. Jelaskan tujuan rekrutmen dan seleksi pegawai, terutama di bank!
Tujuan rekrutmenadalah memperoleh sejumlah tenaga kerja yang melamar ke bank
Tujuan seleksi adalah memilih sejumlah tenaga kerja yang diinginkan dari sejumlah tenaga kerja yang tersedia

5.       Menurut anda mengapa penentuan kompensasi begitu penting bagi bank. Kemudian jelaskan keuntungan dari penentuan kompensasi yang adil dan apa ukuran adil tersebut!
è Menurut saya penentuan kompensasi penting sebagai acuan pada kualitas pekerjaan saya. Saat saya diberikan kompensasi saya akan tahu berapa nilai yang diberikan perusahaan terhadap kinerja saya. Kompensasi juga dapat menjadi motivasi yang menyemangati diri saya sendiri untuk terus memperbaiki diri.
è Keuntungan penentuan kompensasiyang adil:
-          Memberikan rasa keadilan
-          Memperoleh dan mempertahankan karyawan yang berkualitas
-          Mempertahankan karyawan
-          Menghargai karyawan
-          Pengendalian biaya
-          Memenuhi peraturan pemerintah
è Ukuran adil dalam penentuan kompensasi dapat dirancang dengan berdasarkan:
-          Pendidikan dan pengalaman
-          Prestasi kerja
-          Beban pekerjaan
-          Dan pertimbangan lainnya

6.       Jelaskan alasan mengapa tenaga kerja perlu direncanakan secara matang. Tunjukkan nilai perlu tersebut!
è Tenaga kerja perlu direncanakan secara matang agar tidak terjadi kekosongan di dalam bank yang dapat mengganggu pelayanan bank kepada masyarakat.
è Nilai perlu perencanaan tenaga kerja:
a.       Antisipasi terhadap pembukaan cabang baru
b.      Adanya pensiun normal karyawan
c.       Permintaan berhenti sendiri dari pegawai
d.      Diberhentikan oleh bank akibat kelalaian karyawan dalam melaksanakan tugas-tugasnya atau karena adanya pengurangan pegawai
e.      Akibat karyawan meninggal dunia atau mengalami kecelakaan sehingga karyawan yang bersangkutan tidak mampu lagi untuk bekerja.

7.       Uraikan pengertian karier dan pengembangan karier di bank dan mengapa perencanaan karier di Indonesia tidak diberikan secara transparan?
-          Karier adalah jalan kehidupan pekerjaan seorang karyawan selama hidupnya bekerja. Artinya, karier kerja seseorang dimulai pada saat karyawan masuk bekerja sampai keluar dari pekerjaan tersebut.
-          Pengembangan karier adalah usaha untuk meningkatkan karier yang sudah direncanakan. Misalnya dengan cara meningkatkan prestasi kerja, meningkatkan kesetiaan dan loyalitas karyawan pada perusahaan, memiliki mentor dan sponsor, juga menggunakan permohonan permintaan berhenti, sehingga dapat berpindah ke perusahaan yang lebih menguntungkan.
-          Selama ini perencanaan karier pada berbagai perusahaan diIndonesia belum transparan, masih banyak karier seorang naik turun  tanpa mengikuti proses karier itu sendiri. Bahkan beberapa perusahaan tidak mampumenjelaskan apa dan bagaimana perjalanan karier seseorang selama erkarier di perusahaannya. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya loyaitas perusahaan pada pegawainya. Perusahaan tidak benar-benar mencanangkan perencanaan karier dimana perencanaan ini semestinya harus dimulai dari jenjang karier terendah sampai yang tertinggi. Syarat2nya harus dikemukakan dengan jelas kepada karyawannya, ehingga karyawan mampu menentukan apa yang akan dicapainya dan kapan ia bisa mencapainya. Namun, akibat kurang loyalnya perusahaan menyebabkan perencanaan karyawan ini tidak transparan, di Indonesia masih banyak perusahaan yang mengedepankan rasis dan menjunjung tinggi SARA, sehingga mengesampingkan hal-hal yang lebih penting seperti potensi dan kemauan karyawan.

8.       Jelaskan pengertian prestasi kerja dan metode-metode apa saja yang digunakan dalam menilai prestasi kerja suatu perusahaan!
-          Prestasi kerja merupakan prestasi seseorang dalam melakukan pekerjaannya.
-          Metode-metode dalam penilaian prestasi kerja:
a.       Teknik penilaian prestasi kerja masa lalu
o   Rating scalle: membandingkan hasil pekerjaan karyawan dengan kriteria tertentu
o   Checlist: penialian yang dimulai dari sejumlah kalimat/kata yang menggambarkan karakteristik karyawan
o   Critical incident: menilai perilaku karyawan dalam melaksanakan pekerjaan
o   Field review: para personalia turun langsung ke lapangan membantu penyelia dalam menilai
o   Test dan observasi: tes pengetahuan dn keterampilan karyawan, baik tertulis maupun dengan peragaan.

b.      Metode penilaian masa depan
o   Self appraisals: penilaian pribadi oleh karyawan yang bersangkutan terhadap prestasi kerjanya sendiri
o   Psychologis: dengan tes psikologi yang diberikan kepada emua karyawan atau melalui diskusi dengan atasan langsung
o   Management by objective: karyawan dan penyelia bersama-sama menetpkan tujuan dan sasaran pelaksanaan pekerjaan di masa yang akan datang
o   Assesement centre, melalui:
§  Wawancara mendalam
§  Tes psikologis
§  Diskusi kelompok
§  stimulasi

No comments:

Post a Comment