Monday, January 28, 2013

Hubungan Implisit Data dan Data Warehouse


TOPIK DISKUSI

Bab VI hal 189
1. Mengapa hubungan implisit di antara data lebih cocok untuk kebutuhan data perusahaan yang berubah-ubah dibandingkan dengan hubungan eksplisit?
Karena relasi (hubungan) implisit karena ketika terdapat satu field (kolom) data yang sama dalam dua tabel, maka record (baris) dari dua tabel tersebut akan dapat digabungkan ketika nilai-nilai field datanya sama, sehingga relasi implisit akan mudah digunakan dan dipahami oleh manajer dan staf profesional serta kemudahan penggunaan memiliki arti yang sangat penting bagi perusahaan yang mengalami perubahan organisasi.
2. Bagaimana teknik-teknik seperti diagram relasi entitas dan diagram kelas dapat membantu pengguna dan profesional sistem informasi dalam mengembangkan sistem informasi?
Karena diagram relasi entitas digunakan untuk menguraikan hubungan antara kumpulan-kumpulan data konseptual sehingga record-record yang saling berhubungan akan dapat digabungkan bersama sedangkan diagram kelas digunakan untuk menguraikan hubungan data maupun tindakan-tindakan yang mengoperasikan dalam relasi sehingga dua teknik ini memberikan alat untuk memfasilitasi komunikasi antara pengguna dengan spesialis sistem informasi sehubungan dengan struktur data yang digunakan di dalam suatu aplikasi sistem informasi.
3. Bagaimana formulir basis data dapat memperbaiki keakuratan dan konsistensi basis data?
Keakuratan
Formulir akan menjalankan definisi field data, dimana definisi- definisi tersebut dapat menentukan nilai-nilai numerik dan aturan-aturan lain yang mendukung akurasi termasuk menerapkan aturan-aturan yang berada diluar jangkauan definisi field data. Formulir memberikan satu kesempatan untuk menyesuaikan nilai-nilai data pada aplikasi area bisnis tertentu.
Konsistensi
Didalam formulir akan membatasi nilai field yang dimasukkan untuk menjamin akurasi dan konsistensi sehingga record yang dimasukkan bisa digabungkan dengan tabel lainnya yang berhubungan.
4. Asumsikan bahwa perusahaan anda menyimpan salinan duplikasi basis datanya sebagai satu cadangan. Sejauh ini perusahaan anda belum pernah mempergunakannya. Apakah bahaya dari tidak pernah menguji sistem cadangan untuk memastikan bahwa cadangan tersebut dapat membuat satu basis data baru di saat darurat?
Bahaya, karena data cadangan harus diuji untuk memastikan bahwa data cadangan tersebut dapat dipergunakan jika sewaktu-waktu data primer mengalami masalah sehingga proses dalam perusahaan tetap bisa berjalan walaupun terjadi kerusakan pada data primer, karena kegiatan atau transaksi dalam perusahaan tetap berjalan dengan menggunakan data cadangan yang teruji tersebut.

Bab VIII hal 263
1. Apa saja area-area bisnis selain pemasaran yang dapat memerlukan data warehouse?
Area- area bisnis yang dapat menggunakan data warehouse adalah Keuangan, Sumber Daya Manusia, Layanan Informasi dan Manufaktur.
2. Bab ini mengusulkan agar data mart dapat dikembangkan untuk area-area bisnis. Apa saja beberapa kemungkinan subset lainnya dari data warehouse?
Data mart Pemasaran, data mart sumber daya manusia, data mart keuangan, data mart layanan informasi dan data mart manufaktur.
3. Apakah yang mungkin dapat menjadi contoh dari analisis multidimensional yang melibatkan lima dimensi?
Sebuah bank yang memutuskan untuk menawarkan reksa dana kepada nasabahnya. Manajemen bank ingin manargetkan materi-materi promosi pada segmen nasabah yang menawarkan potensi bisnis terbesar. Dimensi yang bisa digunakan dalam analisis multidimensional yaitu yang berkaitan dengan data nasabah seperti nasabah yang berusia muda, telah menikah, memiliki dua sumber penghasilan, nilai kekayaan yang tinggi dan pasangan menikah yang telah pensiun yang menggantungkan diri pada jaminan sosial dan uang pensiun.

1 comment: