Saturday, January 26, 2013

Seleksi Produk dan Pengujian Produk dalam Teori Pengembangan Produk Baru


UJIAN AKHIR SEMESTER 2011-2012
UNIVERSITAS DAN AKADEMI-AKADEMI BOROBUDUR
Mata kuliah      : KREATIVITAS & INOVASI DALAM BISNIS
Dosen              : M.YAHYA YOENOES SE,MM
Semester          : 3 (Tiga )
SKS                 : 2 (Dua )
Tanggal             : minggu ,12 Febuari 2012
Waktu              : 90 menit
SOAL              :
Intruksi Umum
I.                    Dalam teori pengembangan prodok baru yang telah kita pelajari digambarkan adanya tahapan-tahapan (stages) dan diantaranya ada dua hal yang menjadi focus pembahasan dini yaitu : seleksi produk dan pengujian produk .
(Nilai 60)
Table seleksi produk baru
Syarat kelulusan seleksi
Bobot (A)
NILA (B)
Total Nilai

SB  (40)
B   (30)
S             ( 20 )
BR  (10)
SBR (0)
(A)  X (B)
Volume penjual
0,20
*




8
Kesesuian dng bisniutama
0,20

*



6
Berpengaruh dng produk sekarang
0,20


*


4
Bahan baku
0,10

*



3
Risiko teknis
0,10

*



3
Nilai Tambah
0,10

*



3
Persaingan
0,05
*




2
Perlindungan patent
0,05
*




2
Total

1,00





31
Formula pengujian (secara) Finansial )


ROI       = PT xPC xAV x P x L
                           TDC
Keterangan
-          SB   = Sangat baik              ROI = Return On Investment
-          B    = Baik                          PT    = Probalitas keberhasilan Technical = 90 %
-          S    = Sedang                      PC    = Probalitas keberhasilan Commercial = 75%
-          BR  = Buruk                                  AV  = Penjualan tahunan produk (dalam unit)
-          SBR= Sangat buruk                        P     = Kontribusi laba per unit = Rp, 50.000,-
L     = Waktu /usia produk (dalam tahun ) =3 tahun
TDC= Total Biaya Pengembangan Produk (Rp )
Diminta mahasisiwa :
1.      Melakukan seleksi produk baru tsb (mengisi table ) dangan 3 pendekatan
-          Optimis
-          Moderate
-          Pesimis,kelulusan seleksi produk jika memiliki Total nilai minimal  30(Nilai 30)
2.  Menggunakan formula yang diberikan,ujilah kelayakan produk baru ini berdasarkan 3 versi pendekatan diatas, Syarat ROI dianggap ‘ feasible’ jika >12% dengan asumsi AV = 120.000 unit ; TDC = 1,000,000,- (Nilai 30) ROI
       = 90% x75% x120.000x 50.000 x 3

            1000.000
= 12.150

II.                 Essays:
1.      Kelompok dari kelas minggu FIK memaparkan bahwa didalam unit bisnis jika terjadi kreativitas dan inovasi suatu produk baru sebelum produk tsb di .’launch’ke masyarakat, dilakukan proses INOVASI,DIFUSI,ADOPSI. Menurut anda bagaiman agar terjadi akselerasi (percepatan) proses Difusi didalam unit bisnis tsb. (nilai 20) tahap-tahap untuk menganalisis proses difusi :1.) Kesadaran: pertama kali mendengar tentang inovasi, 2.)minat: mencari informasi lebih lajut, 3.) Evaluasi : menimbang manfaat dan kekurangan penggunaan inovasi, 4.)Mencoba :menguji sendiri inovasi pada sekala kecil, 5.)Adopsi: menerapkan inovasi pada sekala besar setelah mebandingkannya dengan metode lama.
2.      Menurut kelompok frans Cs dari jg FIK kelas minggu di Borobudur ada 4 upaya untuk mewujudkan perusahaan sebagai organisasi pembelajaran jelaskan !. apakah anda ingin menambahkan upaya-upaya lain untuk memperkaya pendapat kelompok itu?. (Nilai 20 ) 1.) mempunyai suatu visi bersama yang diyakini dan disepakati semua orang, 2)orang  meninggalkan cara pikir lama dan prosedur standar yang mereka gunakan untuk menyelesaikan persoalan atau menjalankan pekerjaan, 3) Para anggota memahami segenap proses, aktivitas, fungsi, dan interaksi organisasi dengan lingkungan sebagai bagian dari suatu sistem interrelasi, 4)Orang secara terbuka saling berkomunikasi (lintas batas vertikal dan horizontal)tanpa rasa takut pada kritik atau hukuman, 5)orang meninggalkan kepentingan pribadi mereka dan kepentingan departemen yang terfragmentasi untuk bekerja bersama mewijudkan visi organisasi





“Selamat Mengerjakan dan Sukses”

No comments:

Post a Comment