UJIAN
AKHIR SEMESTER 2011-2012
UNIVERSITAS
DAN AKADEMI-AKADEMI BOROBUDUR
Mata
kuliah : KREATIVITAS & INOVASI
DALAM BISNIS
Dosen
: M.YAHYA YOENOES SE,MM
Semester : 3 (Tiga )
SKS : 2 (Dua )
Tanggal : minggu ,12 Febuari
2012
Waktu : 90 menit
SOAL :
Intruksi
Umum
I.
Dalam
teori pengembangan prodok baru yang telah kita pelajari digambarkan adanya tahapan-tahapan (stages) dan diantaranya
ada dua hal yang menjadi focus pembahasan dini yaitu : seleksi produk dan
pengujian produk .
(Nilai
60)
Table
seleksi produk baru
Syarat kelulusan seleksi
|
Bobot (A)
|
NILA (B)
|
Total
Nilai
|
|
||||
SB (40)
|
B (30)
|
S ( 20 )
|
BR (10)
|
SBR
(0)
|
(A)
X
(B)
|
|||
Volume
penjual
|
0,20
|
*
|
|
|
|
|
8
|
|
Kesesuian
dng bisniutama
|
0,20
|
|
*
|
|
|
|
6
|
|
Berpengaruh
dng produk sekarang
|
0,20
|
|
|
*
|
|
|
4
|
|
Bahan
baku
|
0,10
|
|
*
|
|
|
|
3
|
|
Risiko
teknis
|
0,10
|
|
*
|
|
|
|
3
|
|
Nilai
Tambah
|
0,10
|
|
*
|
|
|
|
3
|
|
Persaingan
|
0,05
|
*
|
|
|
|
|
2
|
|
Perlindungan
patent
|
0,05
|
*
|
|
|
|
|
2
|
|
Total
|
1,00
|
|
|
|
|
|
31
|
Formula pengujian
(secara) Finansial )
ROI = PT xPC xAV x P x L
TDC
Keterangan
-
SB = Sangat baik ROI = Return On Investment
-
B = Baik PT = Probalitas keberhasilan Technical = 90 %
-
S = Sedang PC
= Probalitas keberhasilan Commercial = 75%
-
BR = Buruk AV = Penjualan tahunan produk (dalam unit)
-
SBR=
Sangat buruk P = Kontribusi laba per unit = Rp, 50.000,-
L = Waktu /usia produk (dalam tahun ) =3
tahun
TDC= Total Biaya Pengembangan
Produk (Rp )
Diminta
mahasisiwa :
1.
Melakukan
seleksi produk baru tsb (mengisi table ) dangan 3 pendekatan
-
Optimis
-
Moderate
-
Pesimis,kelulusan
seleksi produk jika memiliki Total nilai minimal 30(Nilai
30)
2. Menggunakan formula
yang diberikan,ujilah kelayakan produk baru ini berdasarkan 3 versi pendekatan
diatas, Syarat ROI dianggap ‘ feasible’
jika >12% dengan asumsi AV = 120.000 unit ; TDC = 1,000,000,- (Nilai 30) ROI
= 90% x75%
x120.000x 50.000 x 3
1000.000
= 12.150
II.
Essays:
1. Kelompok dari kelas
minggu FIK memaparkan bahwa didalam unit bisnis jika terjadi kreativitas dan
inovasi suatu produk baru sebelum produk tsb di .’launch’ke masyarakat, dilakukan proses INOVASI,DIFUSI,ADOPSI.
Menurut anda bagaiman agar terjadi akselerasi (percepatan) proses Difusi didalam
unit bisnis tsb. (nilai 20) tahap-tahap untuk menganalisis proses difusi :1.) Kesadaran:
pertama kali mendengar tentang inovasi, 2.)minat: mencari informasi lebih
lajut, 3.) Evaluasi : menimbang manfaat dan kekurangan penggunaan inovasi,
4.)Mencoba :menguji sendiri inovasi pada sekala kecil, 5.)Adopsi: menerapkan
inovasi pada sekala besar setelah mebandingkannya dengan metode lama.
2. Menurut kelompok frans
Cs dari jg FIK kelas minggu di Borobudur ada 4 upaya untuk mewujudkan
perusahaan sebagai organisasi pembelajaran jelaskan !. apakah anda ingin
menambahkan upaya-upaya lain untuk memperkaya pendapat kelompok itu?. (Nilai 20 ) 1.)
mempunyai suatu visi bersama yang diyakini dan disepakati semua orang,
2)orang meninggalkan cara pikir lama dan
prosedur standar yang mereka gunakan untuk menyelesaikan persoalan atau
menjalankan pekerjaan, 3) Para anggota memahami segenap proses, aktivitas,
fungsi, dan interaksi organisasi dengan lingkungan sebagai bagian dari suatu
sistem interrelasi, 4)Orang secara terbuka saling berkomunikasi (lintas batas
vertikal dan horizontal)tanpa rasa takut pada kritik atau hukuman, 5)orang
meninggalkan kepentingan pribadi mereka dan kepentingan departemen yang
terfragmentasi untuk bekerja bersama mewijudkan visi organisasi
“Selamat Mengerjakan dan Sukses”
No comments:
Post a Comment