Saturday, January 26, 2013

RINGKASAN EKSEKUTIF



Ringkasan eksekutif merupakan ringkasan yang menjadi titik perhatian (highlight) perencanaan bisnis atau tesis dari rencana.
Ringkasan eksekutif berisi ringkasan isi dan tujuan rencana bisnis yang telah selesai dan mencakup seluruh poin kunci. Hal yang paling penting dalam ringkasan eksekutif adalah tidak menuliskan hal-hal atau estimasi yang berlebih-lebihan.
Ringkasan Eksekutif harus dibuat secara jelas tepat dalam maksimum 3 halaman dan menjelaskan :
a.       Mengapa anda atau perusahaan sangat tertarik untuk bergelut dibidang ini.
b.      Cara mengimplementasikan keinginan – keinginan yang hendak yang hendak anda atau perusahaan capai.
Tujuan ringkasan eksekutif adalah untuk memberikan gambaran perencanaan bisnis perusahaan yang kita buat kepada pembaca. Ringkasan eksekutif dapat dibuat dengan dua (2 ) perspektif sebagai berikut :
1.      Jika Rencana bisnis hanya untuk Internal
Hanya berisi ringkasan bisnis yaitu sekadar gambaran ringkas dan tujuan perusahaan dan pernyatan cara perusahaan berfokus untuk memenuhi proyeksinya.
2.      Jika Rencana bisnis untuk mencari dana
Ringkasan eksekutif harus berisi gambaran singkat tentang kinerja bisnis sebelum dan tujuannya, serta rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Informasi tentang tim manajemen menjadi keharusan jika anda atau perusahaan mencari modal ventura. Terakhir memasukkan jumlah dan tujuan pinjaman atau investasi, jangka waktunya, kelayakan pendanaan dan pernyataan pembayaran bagi pemberi pinjaman atau potensi laba atas investasi (return of investment) bagi pemodal ventura. Semua itu hanya membaca halaman ringkasan eksekutif bagi investor atau pemberi pinjaman dapat langsung mengetahui nama, usia, badan hukum, lokasi, sifat dan keunikan bisnis anda termasuk kekuatan dan kelemahannya.
Dalam hal untuk mencari dana terdiri atas tiga kategori yatiu :
a.       Untuk Pemberi Pinjaman
b.      Untuk Penyandang dana (Investor)
c.       Untuk Pemodal Ventura
Cara pembuatan ringkasan eksekutif
Dalam membuat ringkasan ekskutif gunakan  kata kunci dengan menjawab 6 pertanyaan yaitu : Siapa, Apa, Dimana, Kapan, Mengapa dan Bagaimana. Adapun pembuatan ringkasan eksekutif secara lengkap harus meliputi sebagai berikut :
1.      Pengantar.
Awali ringkasan eksekutif dengan ikhtisar bisnis anda atau perusahaan siap, lokasi apa yang anda lakukan, kapan perusahaan didirikan (akan didirikan) dan apa yang membuat bisnis anda unilk.
2.      Peluang Pasar
Definisikan dengan jelas peluang pasar yang telah anda posisikan demi mengambil keuntungan. Informasikan dari riset pasar dan analisa SWOT
3.      Kebutuhan Modal
Jika mencari dana, seberapa banyak modal yang dibutuhkan, bila tidak mencari dana jangan masukkan bagian ini.
4.      Rincian Penggunaan Dana
Jelaskan rincian bagaimana dan kapan perusahaan anda berencana menggunakan dana pinjaman atau investasi
5.      Pembayaran Pinjaman
Nyatakan rencana anda untuk membayar pinjaman. Tipe pinjaman yang dicari berapa tahun/bulan akan membayar, barapa cicilan& berapa lama pembayaran. Kapan dana pinjaman dibutuhkan dan lunasnya.
6.      Misi
Misi merupakan deskripsi singkat dari apa yang anda ingin pelanggan memandang anda dan menyatakan visi perusahaan yang akan menjadi tujuan hendak dicapai.
7.      Manajemen
Berikan profit singkat dari setiap pemilik, pengalaman dan penghargaan yang diterima. Jika punya staff kunci yang turut dalam manajemen masukkan profilnya.
8.      Pesaing
Masukkan profil singkat pesaing langsung (Direct Competitor) dan tidak langsung. Sebutkan secara singkat jasa mereka berikan sekaligus kelebihan dan kelemahnya.
9.      Kelebihan & Kelemahan Pesaing
Uraikan dengan jelas dan singkat tentang mereka
10.  Keunggulan Kompetitif Perusahaan Anda
Faktor-faktor keunggulan perusahaan terhadap competitor. Informasi berasal bagian dari analisa SWOT yang dibuat dalam rencana organisasi.
11.  Proyeksi Keuangan
Ringkasan proyeksi Laba Rugi (Income Statement Projection) untuk tiga tahun. Masukkan penghasilan yang diharapkan (Expected Revenue), biaya (Expense) dan proyeksi laba bersih (net profit projection) untuk periode tiga tahun.    

4 comments:

  1. apakah sama latar belakang dengan Ringkasan Eksekutif

    ReplyDelete
  2. apakah sama latar belakang dengan Ringkasan Eksekutif

    ReplyDelete
  3. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pelamar:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Pekerjaan:
    6) Nomor telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Pendapatan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Jangka waktu pinjaman:
    11) Apakah Anda pernah melamar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Nomor Perwakilan Indonesia: +6288286919466
    Salam Hormat

    ReplyDelete
  4. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.
    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    ReplyDelete