TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN!
1. Jelaskan
seberapa besar peranan seorang marketing dalam menyikapi suatu product yang
mempunyai siklus product life cycle agar suatu produk tidak mengalami kondisi
decline?
Setiap tahapan
dalam siklus product Life Cycle memerlukan strategi pemasaran yang berbeda.
Tahap introduction ditandai dengan pertumbuhan yang lambat dan laba minimal.
Jika berhasil, produk memasuki tahap growth yang ditandai dengan pertumbuhan
penjualan yang cepat dan laba yang meningkat. Lalu diikuti tahap maturity
dimana pertumbuhan penjualan melambat dan laba stabil. Terakhir, produk
mengalami decline/penurunan. Tuas peranan marketing disini adalah
mengidentifikasi produk yang benar-benar lemah, mengembangkan strategi bagi
setiap produk dan membuang produk yang lemah dengan cara yang meminimalkan
sumbangsih bagi laba, karyawan dan pelanggan perusahaan. Saat produk memasuki
masa maturity pemasar melakukan inovasi dan kreasi serta meningkatkan promosi
penjualan untuk menjaga kestabilan posisinya agar tidak sampai pada tahap
decline, bisa juga dengan memodifikasi produk, price, iklan maupun penerapan
distribusinya.
2. Unsur-unsur
apa saja yang menciptakan proses pemasaran?
-
Kebutuhan
-
Keinginan
-
Permintaan
-
Produk
-
Nilai
-
Biaya
-
Kepuasan
-
Transaksi/pertukaran
-
Hubungan
-
Tempat/pasar
-
Prospek
3. Ada
tiga konsep inti pemasaran, sebutkan!
Konsep inti
pemasaran yaitu:
Kebutuhan
Keinginan Product → Nilai biaya Kepuasan → Pertukaran/transaksi
Permintaan ↓
Pasar
↓
Pemasaran
Kebutuhan : keadaan
merasa tidak memiliki kepuasan dasar
Keinginan : bentuk
kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaya & kepribadian
Permintaan : keinginan
manusia yang didukung dengan daya beli
Produk : segala
sesuatu yang ditawarkan untuk dimiliki dan dikonsumsi
Nilai Kepuasan : penggunaan
biaya untuk memiliki suatu produk menciptakan kepuasan
4. Coba
dibuat bagan tentang proses manajemen pemasaran!
Menganalisa peluang
pasar à meneliti dan memilih pasar sasaran à merancang strategi
Pemasaran
↓
↓
→Merencanakan program pemasaran à mengorganisasi, melaksanakan, dan
mengendalikan Usaha pemasaran
5. Mengapa
marketing sering dikatakan sebagai urat nadi sebuah perusahaan dalam mencetak
laba dalam perusahaan? Jelaskan pendapat anda tersebut!
Pemasaran yang baik
bukanlah sebuah kebetulan, tetapi hasil dari sebuah perencanaan dan pelaksanaan
yang cermat. Kesuksesan finansial sering bergantung pada kemampuan pemasaran.
Finansial, operasi, akuntansi, dan fungsi bisnis lainnya tidak akan berarti
jika tidak ada cukup permintaan akan produk dan jasa sehingga perusahaan bisa
menghasilkan laba. Pemasaran penting untuk membangun merek dan basis pelanggan
yang loyal, yng merupakan aset tak terwujud yang membentuk presentasi nilai
yang besar dari sebuah perusahaan. Namun pemasaran adalah hal yang rumit,
membuat keputusan yang benar tentang perubahan tidak selalu mudah. Para
marketer harus memutuskan fitur apa yang harus diciptakan pada produk, harga
yang ditawarkan, dimana harus dijual, berapa jumlah anggaran untuk iklan,
penjualan atau internet. Mereka juga harus memutuskan setail kata atau warna
yang tepat untuk produk. Pemasar yang cerdas adalah usaha yang tak
berkesudahan. Itulah mengapa marketing
dikatakan sebagai urat nadi perusahaan dalam mencetak laba. Jika marketing
gagal memasarkan produknya, maka perusahaan tidak mampu menghasilkan laba.
Jangankan mencetak laba, untuk BEP pun jika tak ada pemasukan dari permintaan
konsumen, maka perusahaan bisa mengalami pailit/kebangkrutan.
6. Konsep
inti marketing itu ada 5 konsep, jelaskan menurut yang anda ketahui!
Konsep inti
pemasaran (marketing):
1. Kebutuhan : keadaaan
merasa tidak memiliki kepuasan dasar
Misal: rasa lapar & haus yang butuh makana
dan minuman
Keinginan :
bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaya dan kepribadian
Misal:
masakan asli jawa, pakaian sesuai budaya daerah tertentu
Permintaan :
keinginan manusia yang didukung oleh daya beli
2. Produk : segala
sesuatu yang ditawarka kepada pasar untuk diperhatikan diperhatikan, dimiliki,
digunakan dan dikonsumsi sehingga dapat memuaskan kebutuhan atau keinginan.
3. Nilai bagi pelanggan :
perbedaan antara manfaat yang dinikmati pelanggan karena menggunakan biaya
untuk memiliki produk tersebut.
4. Terjadi pertukaran / transaksi
5. Terciptanya pasar & pemasaran
Konsep marketing
ada 5:
1. Konsep produksi :
konsumen akan menyukai produk tersedia dan harga terjangkau, dengan demikian
manajemen harus berusaha keras memperbaiki produksi dan efisiensi.
2. Konsep produk :
konsumen akan menyukai produk yang bermutu baik, inovatif, sehingga organisasi
harus terus-menerus melakukan perbaikan produk.
3. Konsep penjualan :
konsumen tidak akan membeli produk dalam jumlah besar, kecuali ada usaha
penjualan dan promosi berskal besar.
4. Konsep pemasaran :
falsafah manajemen pemasaran berkeyakinan bahwa pencapaian sasaran orgnisasi
bergantung pada kebutuhan dan keyakinan pasar dan penyampaian kepuasan yang
efektif dan efisien.
5. Konsep pemasaran berwawasan sosial : mengajak pemasar membangun pertimbangan sosial dan
etika dalam praktik pemasaran mereka.
Misal: sampah kemasan, produk detergen ramah
lingkungan
7. Apa
yang anda ketahui tentang manajemen pemasaran dan bauran pemasaran, tolong
dijelaskan apa yang membedakan keduanya!
Manajemen pemasaran
adalah : perencanaan, implementasi, dan
pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pembeli untuk
mencapai sasaran organisasi.
Bauran pemasaran
(marketing mix) adalah :
controllable variabel yang diatur oleh perusahaan untuk meneruskan target
market. Dalam manufacturing dikenaldengan 4P (produk, price, place dan promosi)
sedangkan dalam jasa dikenal dengan 7P (produk, price, place, promotion,
people, pyshical evidence, process)
Yang membedakan
keduanya:
Bauran pemasaran
merupakan perangkat yang dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan
terhadap produknya, dan perangkat tersebut akan menentukan tingkat keberhasilan
perusahaan. Semua ini ditujukan untuk memberi kepuasan kepada
konsumen,sedangkan;
Manajemen pemasaran
tidak hanya berfungsi untuk menentukan dan meningkatkan permintaan di pasar,
tetapi juga merubah dan mengurangi permintaan tersebut. Jadi manajemen
pemasaran berusaha mengatur tingkat, waktu dan susunan dari permintaan yang
ada, agar dapat membantu organisasi mencapai tujuan sasarannya.
8. Sebutkan
tujuan sebuah planing dalam sebuah organisasi, dan apakah menurut anda sebuah
pemasaran membutuhkan suatu planing jangka pendek dan jangka panjang? Menurut anda
apa manfaat dari kedua planing jangka pendek dan jangka panjang yang dimaksud!
è
Tujuan sebuah planing
dalam sebuah organisasi adalah:
a. Membantu kemajuan organisasi yang sesuai dengan tujuan
manajemen
b. Mebantu manajer untuk berfikir, bertindak dan memutuskan
suatu masalah lebih efektif
c. Membuat organisasi lebih fleksible
d. Membuat organisasi problems mudah diselesaikan
e. Memberikan identifikasi kepada manajemen bagaimana untuk
mengevaluasi kemajuan dari tujuan-tujuan yang telah direncanakan
è
Menurut saya:
Sebuah pemasaran memerlukan rencana jangka
panjang dan rencana jangka pendek, dimana salah satu maksud dibuat perencanaan
adalah melihat program-program yang akan dijalankan untuk meningkatkan
kemungkinan tercapainya tujuan-tujuan organisasi di waktu yang akan datang.
Perencanaan organisasi / perusahaan harus aktif, dinamis, berkesinambungan dan
kreatif. Sehingga manajemen tidak hanya bereaksi terhadap lingkungannya tapi
lebih menjadi peserta aktif dalam dunia usaha.
è
Rencana jangka panjang
merupakan rencana yang akan dijalankan oleh seluruh komponen dalam organisasi
/perusahaan, dan dibuat dalam rangka pencapaian tujuan orgnisasi secara
keseluruhan.
è
Rencana jangka pendek
adalah rencana yang dijalankan untuk mencapai tujuan jangka pendek dan sebagai
dorongan tercapainya tujuan jangka menengah.
è
Manfaat dari planing
berjangka panjang dan pendek adalah:
-
Planing jangka pendek:
·
Memberikan kerangka
kerja untuk mengembangkan anggaran tahunan perusahaan
·
Sebagai pengembangan
manajemen
·
Sebagai mekanisme untuk
memaksa atasan untuk memikirkan langkah jangka panjang perusahaan
·
Sebagai alat untuk
mensejajarkan manajer dengan langkah strategi jangka panjang perusahaan
-
Planing jangka panjang:
·
Memberikan pemahaman
terhadap pemenuhan harapan minimum stakeholder tentang masa depan perusahaan
·
Meminimalisir potensi
konflik dalam intern perusahaan
·
Sebagai pendorong usaha
dan pencapaian yang berkesinambungan (profitabilitas, produktivitas, posisi
kompetitif, dll)
·
Mendesain dan
mengorganisir pekerjaan dengan baik (dapat diterima masyarakat, terukur,
fleksible, dan memotivasi)
9. Sebutkan
dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian seorang
konsumen!
Faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku pembelian seorang konsumen:
a. Faktor budaya :
budaya adalah penentu keinginan perilaku yang mendasar dari kumpulan nilai,
persepsi dan perilaku dari keluarga
b. Faktor sosial :
perilaku sosial dari keluarga, peran dan status. Keputusan anggota keluarga
yang lebih dominan sesuai dengan status sosial dan anggota keluarga
c. Faktorpribadi :
keputusan yang dipengaruhi oleh karakter pribadi seperti usia, tahap siklus
hidup, keadaan ekonomi, gaya hidup, pekerjaan.
d. Faktor kejiwaan :
Faktor psikologis meliputi motivasi, persepsi, pengetahuan, keyakinan,
pendirian. Kebutuhan psikologis ini karena adanya keinginan, pengakuan,
penghargaan, dan rasa memiliki.
10. Sebutkan
bentuk-bentuk promosi yang anda ketahui. Dan jelaskan kelebihan dn kekurangan
dari bentuk-bentuk promosi tersebut!
a. Advertising melalui radio, televisi, majalah dan koran
·
Kelebihan:
1. Dapat menjangkau daerah yang luas
2. Dapat dinikmati siapa saja
3. Waktu siarannya sudah ditentukan
4. Dapat diterima siapa saja
5. Memiliki daya pengaruh yang kuat karena dapat memberikan
kombinasi antara suara dan gambar (tv)
·
Kekurangan:
1. Waktunya terbatas
2. Sulit untuk menyampaikan pesan-pesan yang kompleks
3. Mudah diabaikan
4. Biayanya relatif tinggi
5. Fleksibilitasnya rendah
b. Promosi penjualan (demo pameran, hadiah)
·
Kelebihan:
1. Komunikstif (mampu menciptakan respons audience pada
perusahaan
2. Dengan membuta kemasan berbeda membuat produk terlihat ‘baru’
sehingg mengundang perhatian konsumen
3. Menciptakan icon produk, maka produk dengan cepat terkenal
·
Kekurangan:
1. Ketiak image partner/icon jatuh, maka produk yang identik
dengan icon tersebut ikut jatuh
2. Hanya bisa diperuntukkan untuk pasar baru
3. Membuat biaya produksi naik sehingga mempengaruhi harga. Hal
ini berbahaya untuk produk dengan permintaan elastis, karena jika harga sedikit
saja berbeda/lebih tinggi akan mempengaruhi permintaan
c. Personal selling (penjualan langsung)
·
Kelebihan:
1. Dalam personal selling terjadi komunikasi dua arah sehingga
memungkinkan terjadinya dialog interaktif antara sales person dan konsumen
2. Proses komunikasi face to face menjadikan konsumen potensial
lebih memperhatikan pesan dari komunikator
·
Kekurangan:
1. Hanya dapat menjangkau sedikit konsumen potensial
2. Relatif mahal
3. Sulit mendapatkan sales person yang memiliki kualifikasi
sesuai kebutuhan perusahaan
d. Publisitas/humas (promosiyang dikemas dalam
berita/acara/event)
·
Kelebihan:
1. Lebih terpercaya karena berasal dari lembaga formal/orang
yang dikenal
2. Mampu menciptakan suasana yang dramatif
·
Kekurangan:
1. Informasi yang diterangkan tidak tersampaikan secara utuh dan
akan banyak dipengaruhi oleh berita lain, apalagi jika berita hasil publikasi
tersebut bukan headline
11. Definisi
produk dan jenis produk! Jelaskan!
Produk merupakan sesuatu yang dapat
ditawarkan di pasar untuk diperhatikan, dimiliki, dimanfaatkan, digunakan dan
dikonsumsi.
Jenis-jenis produk:
a. Barang :
barang-barang fisik seperti makanan, minuman, mobil, buku, tas, dll.
b. Jasa :
pekerjaan maskapai udara, hotel, salon, akuntan, dll
c. Kegiatan : pameran
dagang, pertunjuka seni, ulang tahun perusahaan, dll
d. Organisasi : bekerja
membangun citra yang kuat, misal: universitas/sekolah
e. Tempat :
kawasan/kota yang secara aktif menarik turis, pabrik, kantor, atau pemukiman.
Misal: Taman Impian Jaya Ancol yang menarik turis dan kawasan menteng yang
strategis dan anti banjir untuk menarik perumahan elite.
12. Apa
saja klasifikasi produk dan karakteristik produk!
a. Produk kebutuhan harian (convenience product)
Barang/jsa yang biasa dibeli konsumen dalam jumlah
tinggi, dalam waktu yang cepat dan untuk memperolehnya tidak membutuhkan upaya
banyak.
Misal: sabun, makanan (beras), air aqua (mineral)
b. Produk belanjaan (shoping product)
Biasa dibeli konsumen setelah membandingkan
harga, ualitas, spesifikasi dari pedagang lain. Karakteristik à pembeli mempertimbangkan penampilan fisik produk, pelayanan
purna jual, harga, gaya, dan tempat penjualan.
Misal: televisi, kulkas, dll
c. Produk khusus (speciality product)
Kelompok produk yang memiliki karakteristik
istimewa/unik sehingga konsumen mau membayarnya dengan harga tinggi dan rela
mengorbankan waktu dan tenaga untuk memperolehnya.
Misal: mobil mewah, barang antik, dll
d. Produk tidak dicari (unsought product)
Produk yang keberadaannya dan manfaatnya tidak
banyak diketahui, konsumen biasanya tidak menyadari bahwa memerlukannya, oleh
karena itu tidak berfikir untuk membeli produk itu.
Misal: asuransi, tanah kuburan/makam, dll
13. Apa
definisi harga dan tujuan penetapan sebuah harga?
Harga adalah
pernyataan nilai dari suatu produk dan bukan biaya
Tujuan penetapan
harga adalah:
-
Bertahan
-
Keuntungan maksimum
-
Pendapatan maksimum
-
Pertumbuhan penjualan
maksimum
-
Peluncuran ke pasar
maksimum
-
Kepemimpinan mutu
14. Jelaskan
definisi distribusi dan rantai distibusi yang diketahui!
Distribusi adalah
sekelompok organisasi yang saling terkait dan terlibat dalam proses penyediaan
produk/jasa oleh produsen ke konsumen
Jenis-jenis rantai
distribusi:
-
Rantai distribusi pendek
-
Rantai distribusi sedang
-
Rantai distribusi
panjang
15. Definisi
promosi dan bentuk-bentuk promosi yang diketahui!
Promosi adalah komunikasi dari produsen ke
konsumen yng bersifat informatif, persuatif, dan mengingatkan.
Bentuk-bentuk promosi:
a. Advertising melalui radio, televisi, majalah dan koran
b. Promosi penjualan (demo pameran, hadiah)
c. Personal selling (penjualan langsung)
d. Publisitas/humas (promosiyang dikemas dalam
berita/acara/event)
16. Definisi
perilaku konsumen dan bentuk-bentuk perilaku konsumen yang diketahui!
Perilaku konsumen
adalah tingkah laku konsumen, dimana merek dapat mengilustrasikan pencarian
untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi,dan memperbaiki suatu produk dan jasa
mereka.
Bentuk-bentuk
konsumen:
-
Personal customer (untuk
kepentingan pribadi)
-
Organizational customer
(kebutuhan organisasi)
17. Apa
saja 5 model tahapan pembelian dalam keputusan seorang konsumen?
Pengenalan masalah
↓
Pencarian informasi
↓
Evaluasi alternatif
↓
Keputusan pembelian
↓
Perilaku pasca pembelian
18. Market
segmentasi adalah?
-
Proses
pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli (target pasar) di pasar produk
dengan karakteristik yang hampir sama
-
Proses menempatkan
konsumen dalam sub kelompok di pasar produk sehingga para pembeli memiliki
tanggapan yang hampir sama dengan strategi pemasaran dalam penentuan posisi
perusahaan
-
Proses untuk menganalisa
perbedaan pembeli di pasar
-
Meletakkan dasar-dasar
strategi pasar sasaran dan penentuan posisi
19. Apa
yang dimaksud dengan differentiation?
Differentiation
adalah tindakan merancang suatu set perbedaan yang berarti untuk membedakan
penawaran perusahaan dari penawaran pesaing
20. Suatu
penawaran pasar differentiation produk ada 5 dimensi, sebutkan!
5 dimensi
diferensiasi penawaran pasar:
1) Produk
2) Pelayanan
3) Personil
4) Saluran
5) Citra
21. Apa
yang saudara ketahui tentang brand (merk)?
Merk (brand) adalah
nama, istilah, tanda, simbol, rencana atau kombinasi hal-hal tersebut
dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang/jasa dari penjual /pesaingnya.
22. Cara
membangun sebuah brand (merk)?
1) Memiliki positioning yang tepat
2) Brand value yang tepat
3) Memiliki konsep yang tepat
23. Apa
definisi jasa dan ada 4 macam karakteristiknya?
Jasa adalah setiap
tindakan / kegiatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain,
yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun.
Karakteristik jasa:
1) Tidak berwujud
2) Tidak terpisahkan
3) Bervariasi
4) Mudah lenyap
No comments:
Post a Comment