Friday, January 25, 2013

Marketing, Peranan dan Kapasitasnya



TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN!

1.       Jelaskan seberapa besar peranan seorang marketing dalam menyikapi suatu product yang mempunyai siklus product life cycle agar suatu produk tidak mengalami kondisi decline?
Setiap tahapan dalam siklus product Life Cycle memerlukan strategi pemasaran yang berbeda. Tahap introduction ditandai dengan pertumbuhan yang lambat dan laba minimal. Jika berhasil, produk memasuki tahap growth yang ditandai dengan pertumbuhan penjualan yang cepat dan laba yang meningkat. Lalu diikuti tahap maturity dimana pertumbuhan penjualan melambat dan laba stabil. Terakhir, produk mengalami decline/penurunan. Tuas peranan marketing disini adalah mengidentifikasi produk yang benar-benar lemah, mengembangkan strategi bagi setiap produk dan membuang produk yang lemah dengan cara yang meminimalkan sumbangsih bagi laba, karyawan dan pelanggan perusahaan. Saat produk memasuki masa maturity pemasar melakukan inovasi dan kreasi serta meningkatkan promosi penjualan untuk menjaga kestabilan posisinya agar tidak sampai pada tahap decline, bisa juga dengan memodifikasi produk, price, iklan maupun penerapan distribusinya.

2.       Unsur-unsur apa saja yang menciptakan proses pemasaran?
-          Kebutuhan
-          Keinginan
-          Permintaan
-          Produk
-          Nilai
-          Biaya
-          Kepuasan
-          Transaksi/pertukaran
-          Hubungan
-          Tempat/pasar
-          Prospek

3.       Ada tiga konsep inti pemasaran, sebutkan!
Konsep inti pemasaran yaitu:
}Kebutuhan
Keinginan                  Product → Nilai biaya Kepuasan → Pertukaran/transaksi
Permintaan                                                                                                       
                                                                                                                                Pasar
Pemasaran
Kebutuhan         : keadaan merasa tidak memiliki kepuasan dasar
Keinginan            : bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaya & kepribadian
Permintaan        : keinginan manusia yang didukung dengan daya beli
Produk                 : segala sesuatu yang ditawarkan untuk dimiliki dan dikonsumsi
Nilai Kepuasan  : penggunaan biaya untuk memiliki suatu produk menciptakan kepuasan

4.       Coba dibuat bagan tentang proses manajemen pemasaran!
Menganalisa peluang pasar à meneliti dan memilih pasar sasaran à merancang strategi
                                                                                                                                                Pemasaran

Merencanakan program pemasaran à mengorganisasi, melaksanakan, dan
mengendalikan Usaha pemasaran

5.       Mengapa marketing sering dikatakan sebagai urat nadi sebuah perusahaan dalam mencetak laba dalam perusahaan? Jelaskan pendapat anda tersebut!
Pemasaran yang baik bukanlah sebuah kebetulan, tetapi hasil dari sebuah perencanaan dan pelaksanaan yang cermat. Kesuksesan finansial sering bergantung pada kemampuan pemasaran. Finansial, operasi, akuntansi, dan fungsi bisnis lainnya tidak akan berarti jika tidak ada cukup permintaan akan produk dan jasa sehingga perusahaan bisa menghasilkan laba. Pemasaran penting untuk membangun merek dan basis pelanggan yang loyal, yng merupakan aset tak terwujud yang membentuk presentasi nilai yang besar dari sebuah perusahaan. Namun pemasaran adalah hal yang rumit, membuat keputusan yang benar tentang perubahan tidak selalu mudah. Para marketer harus memutuskan fitur apa yang harus diciptakan pada produk, harga yang ditawarkan, dimana harus dijual, berapa jumlah anggaran untuk iklan, penjualan atau internet. Mereka juga harus memutuskan setail kata atau warna yang tepat untuk produk. Pemasar yang cerdas adalah usaha yang tak berkesudahan.  Itulah mengapa marketing dikatakan sebagai urat nadi perusahaan dalam mencetak laba. Jika marketing gagal memasarkan produknya, maka perusahaan tidak mampu menghasilkan laba. Jangankan mencetak laba, untuk BEP pun jika tak ada pemasukan dari permintaan konsumen, maka perusahaan bisa mengalami pailit/kebangkrutan.

6.       Konsep inti marketing itu ada 5 konsep, jelaskan menurut yang anda ketahui!
Konsep inti pemasaran (marketing):
1.       Kebutuhan : keadaaan merasa tidak memiliki kepuasan dasar
Misal: rasa lapar & haus yang butuh makana dan minuman
Keinginan    : bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaya dan kepribadian
                        Misal: masakan asli jawa, pakaian sesuai budaya daerah tertentu
Permintaan                : keinginan manusia yang didukung oleh daya beli

2.       Produk         : segala sesuatu yang ditawarka kepada pasar untuk diperhatikan diperhatikan, dimiliki, digunakan dan dikonsumsi sehingga dapat memuaskan kebutuhan atau keinginan.
3.       Nilai bagi pelanggan                : perbedaan antara manfaat yang dinikmati pelanggan karena menggunakan biaya untuk memiliki produk tersebut.
4.       Terjadi pertukaran / transaksi
5.       Terciptanya pasar & pemasaran

Konsep marketing ada 5:
1.    Konsep produksi : konsumen akan menyukai produk tersedia dan harga terjangkau, dengan demikian manajemen harus berusaha keras memperbaiki produksi dan efisiensi.
2.    Konsep produk    : konsumen akan menyukai produk yang bermutu baik, inovatif, sehingga organisasi harus terus-menerus melakukan perbaikan produk.
3.    Konsep penjualan     : konsumen tidak akan membeli produk dalam jumlah besar, kecuali ada usaha penjualan dan promosi berskal besar.
4.    Konsep pemasaran   : falsafah manajemen pemasaran berkeyakinan bahwa pencapaian sasaran orgnisasi bergantung pada kebutuhan dan keyakinan pasar dan penyampaian kepuasan yang efektif dan efisien.
5.    Konsep pemasaran berwawasan sosial            : mengajak pemasar membangun pertimbangan sosial dan etika dalam praktik pemasaran mereka.
 Misal: sampah kemasan, produk detergen ramah lingkungan

7.       Apa yang anda ketahui tentang manajemen pemasaran dan bauran pemasaran, tolong dijelaskan apa yang membedakan keduanya!
Manajemen pemasaran adalah : perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pembeli untuk mencapai sasaran organisasi.
Bauran pemasaran (marketing mix) adalah          : controllable variabel yang diatur oleh perusahaan untuk meneruskan target market. Dalam manufacturing dikenaldengan 4P (produk, price, place dan promosi) sedangkan dalam jasa dikenal dengan 7P (produk, price, place, promotion, people, pyshical evidence, process)
Yang membedakan keduanya:
Bauran pemasaran merupakan perangkat yang dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan terhadap produknya, dan perangkat tersebut akan menentukan tingkat keberhasilan perusahaan. Semua ini ditujukan untuk memberi kepuasan kepada konsumen,sedangkan;
Manajemen pemasaran tidak hanya berfungsi untuk menentukan dan meningkatkan permintaan di pasar, tetapi juga merubah dan mengurangi permintaan tersebut. Jadi manajemen pemasaran berusaha mengatur tingkat, waktu dan susunan dari permintaan yang ada, agar dapat membantu organisasi mencapai tujuan sasarannya.

8.       Sebutkan tujuan sebuah planing dalam sebuah organisasi, dan apakah menurut anda sebuah pemasaran membutuhkan suatu planing jangka pendek dan jangka panjang? Menurut anda apa manfaat dari kedua planing jangka pendek dan jangka panjang yang dimaksud!
è Tujuan sebuah planing dalam sebuah organisasi adalah:
a.       Membantu kemajuan organisasi yang sesuai dengan tujuan manajemen
b.      Mebantu manajer untuk berfikir, bertindak dan memutuskan suatu masalah lebih efektif
c.       Membuat organisasi lebih fleksible
d.      Membuat organisasi problems mudah diselesaikan
e.      Memberikan identifikasi kepada manajemen bagaimana untuk mengevaluasi kemajuan dari tujuan-tujuan yang telah direncanakan

è Menurut saya:
Sebuah pemasaran memerlukan rencana jangka panjang dan rencana jangka pendek, dimana salah satu maksud dibuat perencanaan adalah melihat program-program yang akan dijalankan untuk meningkatkan kemungkinan tercapainya tujuan-tujuan organisasi di waktu yang akan datang. Perencanaan organisasi / perusahaan harus aktif, dinamis, berkesinambungan dan kreatif. Sehingga manajemen tidak hanya bereaksi terhadap lingkungannya tapi lebih menjadi peserta aktif dalam dunia usaha.
è Rencana jangka panjang merupakan rencana yang akan dijalankan oleh seluruh komponen dalam organisasi /perusahaan, dan dibuat dalam rangka pencapaian tujuan orgnisasi secara keseluruhan.
è Rencana jangka pendek adalah rencana yang dijalankan untuk mencapai tujuan jangka pendek dan sebagai dorongan tercapainya tujuan jangka menengah.
è Manfaat dari planing berjangka panjang dan pendek adalah:
-          Planing jangka pendek:
·         Memberikan kerangka kerja untuk mengembangkan anggaran tahunan perusahaan
·         Sebagai pengembangan manajemen
·         Sebagai mekanisme untuk memaksa atasan untuk memikirkan langkah jangka panjang perusahaan
·         Sebagai alat untuk mensejajarkan manajer dengan langkah strategi jangka panjang perusahaan

-          Planing jangka panjang:
·         Memberikan pemahaman terhadap pemenuhan harapan minimum stakeholder tentang masa depan perusahaan
·         Meminimalisir potensi konflik dalam intern perusahaan
·         Sebagai pendorong usaha dan pencapaian yang berkesinambungan (profitabilitas, produktivitas, posisi kompetitif, dll)
·         Mendesain dan mengorganisir pekerjaan dengan baik (dapat diterima masyarakat, terukur, fleksible, dan memotivasi)

9.       Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian seorang konsumen!
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian seorang konsumen:
a.       Faktor budaya           : budaya adalah penentu keinginan perilaku yang mendasar dari kumpulan nilai, persepsi dan perilaku dari keluarga
b.      Faktor sosial               : perilaku sosial dari keluarga, peran dan status. Keputusan anggota keluarga yang lebih dominan sesuai dengan status sosial dan anggota keluarga
c.       Faktorpribadi             : keputusan yang dipengaruhi oleh karakter pribadi seperti usia, tahap siklus hidup, keadaan ekonomi, gaya hidup, pekerjaan.
d.      Faktor kejiwaan        : Faktor psikologis meliputi motivasi, persepsi, pengetahuan, keyakinan, pendirian. Kebutuhan psikologis ini karena adanya keinginan, pengakuan, penghargaan, dan rasa memiliki.

10.   Sebutkan bentuk-bentuk promosi yang anda ketahui. Dan jelaskan kelebihan dn kekurangan dari bentuk-bentuk promosi tersebut!
a.       Advertising melalui radio, televisi, majalah dan koran
·         Kelebihan:
1.       Dapat menjangkau daerah yang luas
2.       Dapat dinikmati siapa saja
3.       Waktu siarannya sudah ditentukan
4.       Dapat diterima siapa saja
5.       Memiliki daya pengaruh yang kuat karena dapat memberikan kombinasi antara suara dan gambar (tv)
·         Kekurangan:
1.       Waktunya terbatas
2.       Sulit untuk menyampaikan pesan-pesan yang kompleks
3.       Mudah diabaikan
4.       Biayanya relatif tinggi
5.       Fleksibilitasnya rendah

b.      Promosi penjualan (demo pameran, hadiah)
·         Kelebihan:
1.       Komunikstif (mampu menciptakan respons audience pada perusahaan
2.       Dengan membuta kemasan berbeda membuat produk terlihat ‘baru’ sehingg mengundang perhatian konsumen
3.       Menciptakan icon produk, maka produk dengan cepat terkenal
·         Kekurangan:
1.       Ketiak image partner/icon jatuh, maka produk yang identik dengan icon tersebut ikut jatuh
2.       Hanya bisa diperuntukkan untuk pasar baru
3.       Membuat biaya produksi naik sehingga mempengaruhi harga. Hal ini berbahaya untuk produk dengan permintaan elastis, karena jika harga sedikit saja berbeda/lebih tinggi akan mempengaruhi permintaan

c.       Personal selling (penjualan langsung)
·         Kelebihan:
1.       Dalam personal selling terjadi komunikasi dua arah sehingga memungkinkan terjadinya dialog interaktif antara sales person dan konsumen
2.       Proses komunikasi face to face menjadikan konsumen potensial lebih memperhatikan pesan dari komunikator
·         Kekurangan:
1.       Hanya dapat menjangkau sedikit konsumen potensial
2.       Relatif mahal
3.       Sulit mendapatkan sales person yang memiliki kualifikasi sesuai kebutuhan perusahaan
d.      Publisitas/humas (promosiyang dikemas dalam berita/acara/event)
·         Kelebihan:
1.       Lebih terpercaya karena berasal dari lembaga formal/orang yang dikenal
2.       Mampu menciptakan suasana yang dramatif
·         Kekurangan:
1.       Informasi yang diterangkan tidak tersampaikan secara utuh dan akan banyak dipengaruhi oleh berita lain, apalagi jika berita hasil publikasi tersebut bukan headline

11.   Definisi produk dan jenis produk! Jelaskan!
Produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar untuk diperhatikan, dimiliki, dimanfaatkan, digunakan dan dikonsumsi.
Jenis-jenis produk:
a.       Barang          : barang-barang fisik seperti makanan, minuman, mobil, buku, tas, dll.
b.      Jasa                : pekerjaan maskapai udara, hotel, salon, akuntan, dll
c.       Kegiatan      : pameran dagang, pertunjuka seni, ulang tahun perusahaan, dll
d.      Organisasi   : bekerja membangun citra yang kuat, misal: universitas/sekolah
e.      Tempat        : kawasan/kota yang secara aktif menarik turis, pabrik, kantor, atau pemukiman. Misal: Taman Impian Jaya Ancol yang menarik turis dan kawasan menteng yang strategis dan anti banjir untuk menarik perumahan elite.

12.   Apa saja klasifikasi produk dan karakteristik produk!
a.       Produk kebutuhan harian (convenience product)
Barang/jsa yang biasa dibeli konsumen dalam jumlah tinggi, dalam waktu yang cepat dan untuk memperolehnya tidak membutuhkan upaya banyak.
Misal: sabun, makanan (beras), air aqua (mineral)
b.      Produk belanjaan (shoping product)
Biasa dibeli konsumen setelah membandingkan harga, ualitas, spesifikasi dari pedagang lain. Karakteristik à pembeli mempertimbangkan penampilan fisik produk, pelayanan purna jual, harga, gaya, dan tempat penjualan.
Misal: televisi, kulkas, dll
c.       Produk khusus (speciality product)
Kelompok produk yang memiliki karakteristik istimewa/unik sehingga konsumen mau membayarnya dengan harga tinggi dan rela mengorbankan waktu dan tenaga untuk memperolehnya.
Misal: mobil mewah, barang antik, dll
d.      Produk tidak dicari (unsought product)
Produk yang keberadaannya dan manfaatnya tidak banyak diketahui, konsumen biasanya tidak menyadari bahwa memerlukannya, oleh karena itu tidak berfikir untuk membeli produk itu.
Misal: asuransi, tanah kuburan/makam, dll

13.   Apa definisi harga dan tujuan penetapan sebuah harga?
Harga adalah pernyataan nilai dari suatu produk dan bukan biaya
Tujuan penetapan harga adalah:
-          Bertahan
-          Keuntungan maksimum
-          Pendapatan maksimum
-          Pertumbuhan penjualan maksimum
-          Peluncuran ke pasar maksimum
-          Kepemimpinan mutu

14.   Jelaskan definisi distribusi dan rantai distibusi yang diketahui!
Distribusi adalah sekelompok organisasi yang saling terkait dan terlibat dalam proses penyediaan produk/jasa oleh produsen ke konsumen
Jenis-jenis rantai distribusi:
-          Rantai distribusi pendek
-          Rantai distribusi sedang
-          Rantai distribusi panjang

15.   Definisi promosi dan bentuk-bentuk promosi yang diketahui!
Promosi adalah komunikasi dari produsen ke konsumen yng bersifat informatif, persuatif, dan mengingatkan.
Bentuk-bentuk promosi:
a.       Advertising melalui radio, televisi, majalah dan koran
b.      Promosi penjualan (demo pameran, hadiah)
c.       Personal selling (penjualan langsung)
d.      Publisitas/humas (promosiyang dikemas dalam berita/acara/event)

16.   Definisi perilaku konsumen dan bentuk-bentuk perilaku konsumen yang diketahui!
Perilaku konsumen adalah tingkah laku konsumen, dimana merek dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi,dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka.
Bentuk-bentuk konsumen:
-          Personal customer (untuk kepentingan pribadi)
-          Organizational customer (kebutuhan organisasi)

17.   Apa saja 5 model tahapan pembelian dalam keputusan seorang konsumen?
Pengenalan masalah
Pencarian informasi
Evaluasi alternatif
Keputusan pembelian
Perilaku pasca pembelian

18.   Market segmentasi adalah?
-          Proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli (target pasar) di pasar produk dengan karakteristik yang hampir sama
-          Proses menempatkan konsumen dalam sub kelompok di pasar produk sehingga para pembeli memiliki tanggapan yang hampir sama dengan strategi pemasaran dalam penentuan posisi perusahaan
-          Proses untuk menganalisa perbedaan pembeli di pasar
-          Meletakkan dasar-dasar strategi pasar sasaran dan penentuan posisi

19.   Apa yang dimaksud dengan differentiation?
Differentiation adalah tindakan merancang suatu set perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran pesaing

20.   Suatu penawaran pasar differentiation produk ada 5 dimensi, sebutkan!
5 dimensi diferensiasi penawaran pasar:
1)      Produk
2)      Pelayanan
3)      Personil
4)      Saluran
5)      Citra

21.   Apa yang saudara ketahui tentang brand (merk)?
Merk (brand) adalah nama, istilah, tanda, simbol, rencana atau kombinasi hal-hal tersebut dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang/jasa dari penjual /pesaingnya.

22.   Cara membangun sebuah brand (merk)?
1)      Memiliki positioning yang tepat
2)      Brand value yang tepat
3)      Memiliki konsep yang tepat

23.   Apa definisi jasa dan ada 4 macam karakteristiknya?
Jasa adalah setiap tindakan / kegiatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun.
Karakteristik jasa:
1)      Tidak berwujud
2)      Tidak terpisahkan
3)      Bervariasi
4)      Mudah lenyap

No comments:

Post a Comment