Friday, January 25, 2013

Layanan Dan Produk PT Bank DKI



TUGAS MANAJEMEN PERBANKAN
LAYANAN DAN PRODUK PT BANK DKI

Description: D:\Data`s Kuliah\universitasborobudur.jpg


DI SUSUN OLEH:
MUHAMMAD IKHSAN BAHRUDIN       ( 106 200 30 )
EMI FATMAWATI                                       ( 106 200 47 )




FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN
UNIVERSITAS BOROBUDUR
JAKARTA
BAB 1
PENDAHULUAN


1.1.1        LATAR BELAKANG
          Bank DKI pertama kali didirikan di Jakarta dengan nama “PT. Bank Pembangunan Daerah Djakarta Raya” sebagaimana termaktub dalam akta Perseroan Terbatas Perusahaan Bank Pembangunan Daerah Djakarta Raya (PT. Bank Pembangunan Daerah Djakarta Raya) No. 30 tanggal 11 April 1961 dibuat oleh dan dihadapan Eliza Pondaag S.H., Notaris di Jakarta, yang telah memperoleh pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. J.A.5/31/13 tanggal 11 April 1961 dan telah didaftarkan dalam buku register di Kantor Pengadilan Negeri Jakarta di bawah No. 1274 tanggal 26 Juni 1961 serta telah diumumkan dalam Tambahan No. 206 Berita Negara Republik Indonesia No. 41 tanggal 1 Juni 1962. Dalam rangka penyesuaian dengan ketentuan Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 1962 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Bank Pembangunan Daerah, kedudukan hukum Perseroan diubah dan dialihkan dari Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Daerah Jakarta Raya menjadi Bank Pembangunan Daerah DKI Jakarta berdasarkan Peraturan Daerah, Jakarta - DKI No. 6 Tahun 1978 tanggal 21 Agustus 1978 tentang Bank Pembangunan Daerah Jakarta (BPD Jaya) yang telah disahkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. Pem.10/87/1-858-sk. Tanggal 5 Desember 1978 dan diundangkan dalam Lembaran Daerah DKI Jakarta No. 12 Tahun 1979 Seri D No. 11 tanggal 2 Mei 1979 serta sebagaimana Peraturan Daerah No. 1 Tahun 1993 tanggal 15 Januari 1993 dengan merubah modal dasar dari sebesar Rp50.000.000.000 menjadi sebesar Rp300.000.000.000 sampai dengan tanggal 5 Mei 1999 dan sejak tanggal 6 Mei 1999 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan modal dasar sebesar Rp700.000.000.000.
Perubahan tersebut telah disetujui oleh Pemerintah Daerah Propinsi DKI Jakarta melalui Peraturan Daerah Propinsi DKI Jakarta No. 1 tahun 1999 tanggal 1 Pebruari 1999 dengan Akta yang dibuat oleh dan dihadapan Notaris Harun Kamil, S.H., No. 4 tanggal 6 Mei 1999 dan telah disahkan oleh Menteri Kehakiman berdasarkan Surat Keputusan No. C-8270.HT.01.01.Th. 99 tanggal 7 Mei 1999. Tanggal 4 Juni 1999, diumumkan dalam Berita Negara No. 45, Tambahan No. 3283.
Ruang lingkup kegiatan Bank adalah untuk menjalankan aktivitas umum perbankan. Pada tanggal 30 Nopember 1992, Bank memperoleh ijin untuk melakukan aktivitas sebagai Bank Devisa berdasarkan SK Direksi Bank Indonesia No. 25/67/KEP/DIR. Pada bulan Maret 2004, Bank mulai melakukan kegiatan operasional berdasarkan prinsip syariah berdasarkan Surat Bank Indonesia No. 6/39/DpbS, tanggal 13 Januari 2004 tentang prinsip pembukaan kantor cabang syariah Bank dalam aktivitas komersial Bank
Anggaran Dasar Bank telah mengalami beberapa kali perubahan, dan yang terakhir berdasarkan Akta No. 21 Tahun 2008 yang dibuat oleh dan dihadapan Notaris Ny Poerbaningsih Adi Warsito, S.H., Notaris di Jakarta pada tanggal 12 September 2008 tentang Perubahan Anggaran Dasar yang menyesuaikan dengan Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan terbatas dan juga mencantumkan perubahan modal dasar menjadi Rp1.500.000.000.000. Perubahan Anggaran Dasar Bank DKI telah mendapatkan persetujuan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan Nomor  AHU-79636.AH.01.02.Tahun 2008 tanggal 29 Oktober 2008.
Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 31 Mei 2012, struktur pemegang saham Bank DKI saat ini adalah 99,86% (Rp699.000.000.000) dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta, sedangkan 0,14 % (Rp1.000.000.000) dimiliki oleh PD Pasar Jaya.
1.2       IDENTIFIKASI  MASALAH
Dalam perkembangan perbankan Bank DKI memfokuskan kegiatan usahanya pada empat segmen utama yang memberi peluang pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan, yaitu segmen perbankan konsumer, segmen perbankan komersial dan segmen perbankan KPR dan UMKM, serta perbankan syariah
1.3       RUMUSAN MASALAH
Dalam rangka memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan, Bank DKI terus memperkuat tata kelola perusahaan, termasuk struktur pengendalian internal dan manajemen risiko, serta penerapan standar baku operasi yang lebih seragam dan transparan.
1.4       TUJUAN
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu :
1.      Mengetahui layanan dan Produk PT Bank DKI
2.      Untuk meningkatkan kesadaran remaja dalam dunia perbankan  Khususnya di layanan  dan Produk  PT Bank DKI





BAB II
PEMBAHASAN


2.1       PRODUK DAN LAYANAN PT BANK DKI
      Aktif dalam pelayanan melaluai ragam produk yang memenuhi kebutuhan,karena anda melebihi sekedar nasabah,sebangai sahabat yang memberikan kemudahan untuk kenyamanan anda ,ada pun produk dari PT BANK DKI sebangai berikut :
1.      Tabungan Monas
Tabungan monas merupakan produk tabungan yang dapat di gunakan untuk kebutuhan menyimpan dana sekaligus untuk aktivitas bertransaksi yang aman,mudah dan menguntungkan 
Keuntungan dan fasilitas yang akan memberikan kemudahan kepada anda dengan menabung di tabungan Monas Bank DKI,antara lain:
. Online di seluruh kantor pelayanan Bank DKI
.  Fasilitas autodebet untuk pembayaran tagihan rutin
.  Penyetoran dan penarikan di counter tidak di kenakan biaya
.  Mendapatkan kartu atm yang dapat di gunakan untuk berbagai transaksi di mesin ATM maupun sebangai kartu debit
.  Biaya adminstrasi ringan
2. Tabungan simpeda
Tabungan simpeda merupakan tabungan Bank DKI yang juga memiliki oleh Bank pembangunan daerah (BPD)seluruh Indonesia sebangai sarana untuk menyimpan dana secara aman ,mudah dan menguntungkan
Keuntungan dan fasilitas tabungan simpeda Bank DKI antara lain :
     . Online di seluruh kantor pelayanan Bank DKI.
     . Fasilitas auto debit untuk pembayaran tagihan rutin
     . Penyetoran dan penarikan di counter tidak dikenakan biaya
     . Mendapatkan kartu ATM maupun sebangai kartu debit
     . Online setoran dari dan BPD seluruh Indonesia melalui jaringan BPDnet online
     . Biaya administrasi ringan.

Kemudahan transaksi kartu atm
Setiap penabung tabungan monas dan tabungan simpeda akan memperoleh kartu atm Bank DKI yang dapat di gunakan untuk berbagai macam transaksi baki di mesin atm Bank DKI yang bergabung dalam dilebih dari 23.000mesin atm Bank yang bergabung dalam jaringan atm bersama dan lebih dari 17.600 jaringan atm prima
2.2       FASILITAS KREDIT PT BANK DKI

Adapun berbagai fasilitas kredit di PT Bank DKI antara lain:
1.      Kredit Pemilikan Rumah (KPR Griya Monas)
KPR Griya Monas merupakan produk kredit yang di peruntungkan guna memenuhui keperluan pembelian rumah baru atau rumah lama, ruko,rukan,pembelian tanah atau pembangunan rumah atas kavling siap bagun renovasi rumah,dan pinjamana untuk refinancing.
Sasaran KPR Griya Monas:
1.      Karyawan: pengawai BUMD,pengawai BUMN.pengawai swasta nasional
2.      Pekerja Profesional: dokter akuntan notaries dll
3.      Pengusaha
2.      Kredit multi guna (KMG)
Kredit yang di berikan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan individu dengan jumlah pinjaman di sesuaikan dengan penghasilan,kebutuhan pembiayaan dan kemampuan membayar kembali calon debitur
Tujuan pemberian KMG
Untuk membantu calon debitur dalam memenuhi kebutuhan individu seperti pembelian rumah,biaya sekolah,renovasi rumah dan sebangainya
Sasaran KMG di tujukan kepada:
1.Pegawai Pemerintahan Pusat
2.Pegawai Pemerintahan Propinsi DKI Jakarta
3.Pegawai BUMN/BUMD
4.Pegawai Perusahan Swasta Nasional
5.Pegawai lainya sesuai dengan persetujuan Direksi
3.  KUMK Monas
Kredit usaha mikro dan kecil monas merupakan pembiayaan dari Bank DKI untuk usaha mikro dan kecil pada sector ekonomi yang produktif .untuk kredit usaha mikro maksimal plafond kredit adalah Rp 50 juta .Sedangakan kredit usaha kecil adalah Rp.500juta.






BAB III
PENUTUP


3.1.1        KESIMPULAN
Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 31 Mei 2012, struktur pemegang saham Bank DKI saat ini adalah 99,86% (Rp699.000.000.000) dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta, sedangkan 0,14 % (Rp1.000.000.000) dimiliki oleh PD Pasar Jaya.
Bank DKI memfokuskan kegiatan usahanya pada empat segmen utama yang memberi peluang pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan, yaitu segmen perbankan konsumer, segmen perbankan komersial dan segmen perbankan KPR dan UMKM, serta perbankan syariah
VISI :
"Menjadi Bank Terbaik Yang Membanggakan"
Bank Terbaik:
·         Memiliki kinerja terbaik diantara bank sekelasnya (Menurut Kriteria Permodalan API).
·         Menjadi bank jangkar yang terbaik.
Yang Membanggakan:
·         Memiliki kinerja dan reputasi yang baik dan menjadi pilihan utama nasabah dan stakeholder lainnya.
·         Memberikan deviden dan kontribusi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
·         Karyawan memiliki jalur karir yang jelas dan kesejahteraan yang baik.
MISI :
"Bank berkinerja unggul, mitra strategis dunia usaha, masyarakat dan andalanPemerintah Provinsi DKI Jakarta yang memberi nilai tambah bagi stakeholder melalui pelayanan terpadu dan profesional."

Berkinerja Unggul:
·         Berkinerja baik sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia dan otoritas lainnya
·         Mampu mengelola risiko dengan memperhitungkan kecukupan modal (capital charge)
·         Tumbuh progresif dan berkelanjutan
·         Memiliki keunggulan bersaing dalam produk dan layanan
Mitra Strategis Dunia Usaha:
·         Meningkatkan kepercayaan mitra bisnis untuk tetap bekerjasama
·         Memberikan solusi kepada nasabah dengan prinsip saling menguntungkan
·         Memberikan nilai tambah kepada nasabah dalam produk dan layanan bank
Mitra Strategis Masyarakat:
Customer centric, antara lain;
·         Berorientasi pada kebutuhan nasabah (sistem prosedur, produk, layanan)
·         Aktif membangun hubungan baik dengan nasabah
·         Bank pilihan masyarakat
·         Peka terhadap perubahan dan kebutuhan masyarakat
·         Memberikan/menjadi sumber informasi yang berguna dalam produk dan layanan bank















DAFTAR PUSTAKA



Brosur  PT Bank  DKI

1 comment:


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete