TUGAS MANAJEMEN PERBANKAN
LAYANAN DAN PRODUK PT BANK DKI
DI
SUSUN OLEH:
MUHAMMAD
IKHSAN BAHRUDIN ( 106 200 30 )
EMI
FATMAWATI (
106 200 47 )
FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN
UNIVERSITAS BOROBUDUR
JAKARTA
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.1
LATAR
BELAKANG
Bank DKI pertama kali didirikan di
Jakarta dengan nama “PT. Bank Pembangunan Daerah Djakarta Raya” sebagaimana
termaktub dalam akta Perseroan Terbatas Perusahaan Bank Pembangunan Daerah
Djakarta Raya (PT. Bank Pembangunan Daerah Djakarta Raya) No. 30 tanggal 11
April 1961 dibuat oleh dan dihadapan Eliza Pondaag S.H., Notaris di Jakarta,
yang telah memperoleh pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia
dengan Surat Keputusan No. J.A.5/31/13 tanggal 11 April 1961 dan telah
didaftarkan dalam buku register di Kantor Pengadilan Negeri Jakarta di bawah
No. 1274 tanggal 26 Juni 1961 serta telah diumumkan dalam Tambahan No. 206
Berita Negara Republik Indonesia No. 41 tanggal 1 Juni 1962. Dalam rangka
penyesuaian dengan ketentuan Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 1962
tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Bank Pembangunan Daerah, kedudukan hukum
Perseroan diubah dan dialihkan dari Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Daerah
Jakarta Raya menjadi Bank Pembangunan Daerah DKI Jakarta berdasarkan Peraturan
Daerah, Jakarta - DKI No. 6 Tahun 1978 tanggal 21 Agustus 1978 tentang Bank
Pembangunan Daerah Jakarta (BPD Jaya) yang telah disahkan oleh Menteri Dalam
Negeri Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. Pem.10/87/1-858-sk.
Tanggal 5 Desember 1978 dan diundangkan dalam Lembaran Daerah DKI Jakarta No.
12 Tahun 1979 Seri D No. 11 tanggal 2 Mei 1979 serta sebagaimana Peraturan
Daerah No. 1 Tahun 1993 tanggal 15 Januari 1993 dengan merubah modal dasar dari
sebesar Rp50.000.000.000 menjadi sebesar Rp300.000.000.000 sampai dengan
tanggal 5 Mei 1999 dan sejak tanggal 6 Mei 1999 berubah menjadi Perseroan
Terbatas dengan modal dasar sebesar Rp700.000.000.000.
Perubahan
tersebut telah disetujui oleh Pemerintah Daerah Propinsi DKI Jakarta melalui
Peraturan Daerah Propinsi DKI Jakarta No. 1 tahun 1999 tanggal 1 Pebruari 1999
dengan Akta yang dibuat oleh dan dihadapan Notaris Harun Kamil, S.H., No. 4
tanggal 6 Mei 1999 dan telah disahkan oleh Menteri Kehakiman berdasarkan Surat
Keputusan No. C-8270.HT.01.01.Th. 99 tanggal 7 Mei 1999. Tanggal 4 Juni 1999,
diumumkan dalam Berita Negara No. 45, Tambahan No. 3283.
Ruang
lingkup kegiatan Bank adalah untuk menjalankan aktivitas umum perbankan. Pada
tanggal 30 Nopember 1992, Bank memperoleh ijin untuk melakukan aktivitas
sebagai Bank Devisa berdasarkan SK Direksi Bank Indonesia No. 25/67/KEP/DIR.
Pada bulan Maret 2004, Bank mulai melakukan kegiatan operasional berdasarkan
prinsip syariah berdasarkan Surat Bank Indonesia No. 6/39/DpbS, tanggal 13
Januari 2004 tentang prinsip pembukaan kantor cabang syariah Bank dalam
aktivitas komersial Bank
Anggaran
Dasar Bank telah mengalami beberapa kali perubahan, dan yang terakhir
berdasarkan Akta No. 21 Tahun 2008 yang dibuat oleh dan dihadapan Notaris Ny
Poerbaningsih Adi Warsito, S.H., Notaris di Jakarta pada tanggal 12 September
2008 tentang Perubahan Anggaran Dasar yang menyesuaikan dengan Undang-Undang
No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan terbatas dan juga mencantumkan perubahan
modal dasar menjadi Rp1.500.000.000.000. Perubahan Anggaran Dasar Bank DKI
telah mendapatkan persetujuan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik
Indonesia dengan Nomor AHU-79636.AH.01.02.Tahun 2008 tanggal 29 Oktober
2008.
Berdasarkan
hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 31 Mei 2012, struktur
pemegang saham Bank DKI saat ini adalah 99,86% (Rp699.000.000.000) dimiliki
oleh Pemprov DKI Jakarta, sedangkan 0,14 % (Rp1.000.000.000) dimiliki oleh PD
Pasar Jaya.
1.2 IDENTIFIKASI MASALAH
Dalam
perkembangan perbankan Bank DKI memfokuskan kegiatan usahanya pada empat segmen
utama yang memberi peluang pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan, yaitu
segmen perbankan konsumer, segmen perbankan komersial dan segmen perbankan KPR
dan UMKM, serta perbankan syariah
1.3 RUMUSAN
MASALAH
Dalam
rangka memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan, Bank DKI terus memperkuat
tata kelola perusahaan, termasuk struktur pengendalian internal dan manajemen
risiko, serta penerapan standar baku operasi yang lebih seragam dan transparan.
1.4 TUJUAN
Adapun tujuan dari pembuatan
makalah ini yaitu :
1. Mengetahui layanan dan Produk PT
Bank DKI
2. Untuk meningkatkan kesadaran
remaja dalam dunia perbankan Khususnya
di layanan dan Produk PT Bank DKI
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PRODUK DAN
LAYANAN PT BANK DKI
Aktif dalam pelayanan melaluai ragam
produk yang memenuhi kebutuhan,karena anda melebihi sekedar nasabah,sebangai
sahabat yang memberikan kemudahan untuk kenyamanan anda ,ada pun produk dari PT
BANK DKI sebangai berikut :
1. Tabungan
Monas
Tabungan
monas merupakan produk tabungan yang dapat di gunakan untuk kebutuhan menyimpan
dana sekaligus untuk aktivitas bertransaksi yang aman,mudah dan
menguntungkan
Keuntungan
dan fasilitas yang akan memberikan kemudahan kepada anda dengan menabung di
tabungan Monas Bank DKI,antara lain:
.
Online di seluruh kantor pelayanan Bank DKI
. Fasilitas autodebet untuk pembayaran tagihan
rutin
. Penyetoran dan penarikan di counter tidak di
kenakan biaya
.
Mendapatkan kartu atm yang dapat di gunakan untuk berbagai transaksi di
mesin ATM maupun sebangai kartu debit
. Biaya adminstrasi ringan
2.
Tabungan simpeda
Tabungan
simpeda merupakan tabungan Bank DKI yang juga memiliki oleh Bank pembangunan
daerah (BPD)seluruh Indonesia sebangai sarana untuk menyimpan dana secara aman
,mudah dan menguntungkan
Keuntungan
dan fasilitas tabungan simpeda Bank DKI antara lain :
. Online di seluruh kantor pelayanan Bank
DKI.
. Fasilitas auto debit untuk pembayaran
tagihan rutin
. Penyetoran dan penarikan di counter
tidak dikenakan biaya
. Mendapatkan kartu ATM maupun sebangai
kartu debit
. Online setoran dari dan BPD seluruh
Indonesia melalui jaringan BPDnet online
. Biaya administrasi ringan.
Kemudahan
transaksi kartu atm
Setiap
penabung tabungan monas dan tabungan simpeda akan memperoleh kartu atm Bank DKI
yang dapat di gunakan untuk berbagai macam transaksi baki di mesin atm Bank DKI
yang bergabung dalam dilebih dari 23.000mesin atm Bank yang bergabung dalam
jaringan atm bersama dan lebih dari 17.600 jaringan atm prima
2.2 FASILITAS KREDIT PT BANK DKI
Adapun
berbagai fasilitas kredit di PT Bank DKI antara lain:
1. Kredit
Pemilikan Rumah (KPR Griya Monas)
KPR
Griya Monas merupakan produk kredit yang di peruntungkan guna memenuhui
keperluan pembelian rumah baru atau rumah lama, ruko,rukan,pembelian tanah atau
pembangunan rumah atas kavling siap bagun renovasi rumah,dan pinjamana untuk
refinancing.
Sasaran
KPR Griya Monas:
1. Karyawan:
pengawai BUMD,pengawai BUMN.pengawai swasta nasional
2. Pekerja
Profesional: dokter akuntan notaries dll
3. Pengusaha
2. Kredit
multi guna (KMG)
Kredit
yang di berikan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan individu dengan
jumlah pinjaman di sesuaikan dengan penghasilan,kebutuhan pembiayaan dan
kemampuan membayar kembali calon debitur
Tujuan
pemberian KMG
Untuk
membantu calon debitur dalam memenuhi kebutuhan individu seperti pembelian
rumah,biaya sekolah,renovasi rumah dan sebangainya
Sasaran
KMG di tujukan kepada:
1.Pegawai
Pemerintahan Pusat
2.Pegawai
Pemerintahan Propinsi DKI Jakarta
3.Pegawai
BUMN/BUMD
4.Pegawai
Perusahan Swasta Nasional
5.Pegawai
lainya sesuai dengan persetujuan Direksi
3. KUMK Monas
Kredit usaha mikro dan kecil monas merupakan
pembiayaan dari Bank DKI untuk usaha mikro dan kecil pada sector ekonomi yang
produktif .untuk kredit usaha mikro maksimal plafond kredit adalah Rp 50 juta
.Sedangakan kredit usaha kecil adalah Rp.500juta.
BAB
III
PENUTUP
3.1.1
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil Rapat Umum
Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 31 Mei 2012, struktur pemegang saham Bank DKI
saat ini adalah 99,86% (Rp699.000.000.000) dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta,
sedangkan 0,14 % (Rp1.000.000.000) dimiliki oleh PD Pasar Jaya.
Bank
DKI memfokuskan kegiatan usahanya pada empat segmen utama yang memberi peluang
pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan, yaitu segmen perbankan konsumer,
segmen perbankan komersial dan segmen perbankan KPR dan UMKM, serta perbankan
syariah
VISI :
"Menjadi Bank Terbaik Yang
Membanggakan"
Bank Terbaik:
·
Memiliki kinerja terbaik diantara
bank sekelasnya (Menurut Kriteria Permodalan API).
·
Menjadi bank jangkar yang terbaik.
Yang Membanggakan:
·
Memiliki kinerja dan reputasi yang
baik dan menjadi pilihan utama nasabah dan stakeholder lainnya.
·
Memberikan deviden dan kontribusi
yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
·
Karyawan memiliki jalur karir yang
jelas dan kesejahteraan yang baik.
MISI :
"Bank berkinerja unggul, mitra
strategis dunia usaha, masyarakat dan andalanPemerintah Provinsi DKI Jakarta
yang memberi nilai tambah bagi stakeholder melalui pelayanan
terpadu dan profesional."
Berkinerja Unggul:
·
Berkinerja baik sesuai dengan
ketentuan Bank Indonesia dan otoritas lainnya
·
Mampu mengelola risiko dengan
memperhitungkan kecukupan modal (capital charge)
·
Tumbuh progresif dan berkelanjutan
·
Memiliki keunggulan bersaing dalam
produk dan layanan
Mitra Strategis Dunia Usaha:
·
Meningkatkan kepercayaan mitra
bisnis untuk tetap bekerjasama
·
Memberikan solusi kepada nasabah
dengan prinsip saling menguntungkan
·
Memberikan nilai tambah kepada
nasabah dalam produk dan layanan bank
Mitra Strategis Masyarakat:
Customer centric, antara lain;
·
Berorientasi pada kebutuhan nasabah
(sistem prosedur, produk, layanan)
·
Aktif membangun hubungan baik dengan
nasabah
·
Bank pilihan masyarakat
·
Peka terhadap perubahan dan
kebutuhan masyarakat
·
Memberikan/menjadi sumber informasi
yang berguna dalam produk dan layanan bank
DAFTAR
PUSTAKA
Brosur
PT Bank DKI
ReplyDeleteSaya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut